Minggu, 12 Oktober 2008

pelantikan gubernur

Pelantikan Gubernur Sumsel Dilaksanakan Sederhana

Palembang

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih Alex Noerdin-Eddy Yusuf (Aldy) dipastikan berlangsung sederhana. Meski demikian, sedikitnya 6.000 undangan disebar.
Pelantikan hanya digelar secara seremonial di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel pada 7 November mendatang.

Kepastian ini diungkapkan langsung Gubernur Sumsel terpilih Alex Noerdin seusai halalbihalal Ikatan Keluarga Kabupaten Empat Lawang (IKKEL) di Aryaduta Hotel, Palembang, Minggu (12/10). Alex menuturkan, sebagai gubernur terpilih yang akan dilantik nanti, dirinya sama sekali tidak memiliki persiapan khusus. Dia menyerahkan acara pelantikan sepenuhnya kepada panitia resmi yang dibentuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD Sumsel.

“Malamnya ada acara pisah sambut. Untuk pesta rakyat, barangkali keadaan ekonomi dunia dan Indonesia saat ini tidak kondusif untuk menggelar pesta,” ujar mantan Bupati Musi Banyuasin (Muba) ini.Sekretaris DPRD Sumsel Sofyan Machmud mengemukakan, rangkaian kegiatan tetap seperti rencana semula, tidak ada perubahan. Demikian juga mengenai tempat,tetap akan digelar di DPRD Sumsel. “Tinggal kita atur bagaimana acara bisa berjalan lancar dan tertib,”tandasnya. Dia menyebutkan, panggung pelantikan dalam ruang rapat paripurna DPRD Sumsel baru akan didirikan setelah 24 Oktober atau tepatnya setelah pelantikan pengganti antar waktu (PAW) dua anggota DPRD Sumsel dari Fraksi Partai Golkar (FPG) yang dijadwalkan berlangsung pada 23 Oktober mendatang. Mengenai surat pemberitahuan pelaksanaan pelantikan, ujar dia, sudah disampaikan DPRD Sumsel kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dia berharap,mudahmudahan paling lambat pekan depan hal itu sudah termuat dalam surat keputusan (SK) yang ditandatangani Mendagri. Sementara, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2008–2013 Sarimuda mengatakan, segala persiapan pelantikan sudah dilakukan. Panitia pelaksana berjanji melakukan yang terbaik pada acara yang akan digelar 7 November 2008.
“Kami menyebar sekitar 6.000 undangan, baik untuk pusat maupun daerah, termasuk gubernur se-Sumatera dan DKI Jakarta,” ungkapnya.

Segala sesuatunya, menurut Sarimuda yang saat ini menjabat Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel sudah dikoordinasikan. Karena ini merupakan peristiwa bersejarah, akan dibuat sedemikian rupa, aman, tertib, lancar,dan elegan.

Dalam pelantikan kali ini, pihaknya akan memberikan nuansa berbeda, yakni dengan menempatkan sejumlah korps wanita angkatan darat (Kowad) serta Polwan sebagai penerima tamu. (sir)

Tidak ada komentar: