Senin, 29 Juni 2009

Bayi Kembar siam di Muaraenim

Bayi Kembar Siam Lahir di Muaraenim

Palembang:


Bayi kembar siam dari pasangan Edi Irawan (28), dan Aprianti (25) lahir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain, Muaraenim melalui operasi cesar, Senin (29/6).

Proses persalinan bayi laki-laki dengan berat 5 kg itu berlangsung lancar dibantu dr Heri Wardani SpOg. Kondisi bayi kembar siam tersebut sehat.

Karena keterbatasan peralatan, pihak RSUD HM Rabain Muaraenim merujuk bayi kembar tersebut ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang untuk dilakukan pemisahan tubuh kedua bayi mungil tersebut. Bayi kembar siam tersebut dirujuk ke Palembang ditemani kedua orangtua dan keluarganya.

Aprianti, warga Kemayoran Kelurahan Pasar 1,Muaraenim masuk ke RSUD HM Rabain, Jumat (26/6) lalu untuk pemeriksaan kehamilannya di ruang poli. Dia lalu dirujuk ke sal kebidanan karena sudah waktunya untuk melahirkan. Sempat dirawat beberapa hari, kemarin, Aprianti melahirkan anak ketiganya dengan kondisi kembar siam.

Dokter Spesialis Heri membenarkan bahwa bayi kembar siam tersebut dirujuk ke RSMH Palembang untuk diupayakan pemisahan.

”Kami akan terus melakukan upaya pemisahan keduanya. Sebab meskipun kondisi terakhir kedua bayi tersebut sehat dan normal, keduanya masih berdempetan, ”ujarnya. Untuk diagnosa lanjutan menurut dia pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan melalui rongent dan berkoordinasi dengan pihak RSMH Palembang.
Sebelumnya, tahun 2006 pernah lahir bayi kembar siam putrid pasangan Yunus dan Herdiana. Bayi yang diberi nama Yesa dan Yesi ini, akhirnya meninggal setelah sempat dilakukan pemisahan di RSCM Jakarta. (sir)

Tidak ada komentar: