Kamis, 09 April 2009

PSK dan Germo Berikan suara



PSK Kampung Baru Antusias Mencontreng


Palembang:

Para pekerja seks komersial (PSK) dan germo penghuni Lokalisasi Kampung Baru di Km 9 Palembang antusias memberikan suara di dua TPS yang disiapkan, Kamis (9/4).

TPS 21 yang terletak di depan Graha Sriwijaya Kompleks Lokalisasi Kampung Baru tampak didatangi para PSK. Mereka terlihat berdandan menor dan segar karena sudah mandi. Aroma farfum tercium dari tubuh mereka.

Mereka antre menukarkan undangan memilih dengan nomor antre. Enam bilik suara yang ditutup kain batik disiapkan di lokasi ini. Tampak para PSK ini cukup lama berada dalam bilik suara. Beberapa orang diantaranya bahkan tampak memanggil petugas untuk minta penjelasan soal cara mencontreng.

Didampingi saksi, petugas kemudian masuk ke bilik. Mereka menjelaskan secara singkat. Di beberapa bilik lainnya, terdengar para PSK ini saling bertanya dengan rekannya di bilik sebelah.

Suasana serupa juga terlihat di TPS 20 yang juga berada dalam lokalisasi. Para PSK ini memang sengaja menghentikan sementara proesi mereka menerima tamu selama masa memberikan suara dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

”Biasanya juga jarang Mas, tamu yang datang pagi-pagi begini,: ujar Eka, PSK penghuni rumah bordil Kuda Putih.

Para PSK ini memang tampak antusias memberikan haknya. Usai mendapatkan nomor antre, mereka duduk menunggu panggilan. ”Kayak nunggu tamu aja ya Mas,” ujar Fitri, seorang PSK muda yang masih berusia 21 tahun.

Lokalisasi ini sebenarnya telah ditutup Pemprov Sumsel pada tahun 2000 lalu. Saat itu, Gubernur Sumsel dijabat H Rosihan Arsyad.

Namun paska penutupan itu, ternyata operasional para PSK dan germo masih terus berlangsung. Hanya saja, jumlah penghuninya memang jauh berkurang. Kalau dulu, ujar seorang germo Aminong, ada empat TPS di lokalisasi ini. Dengan jumlah RT mencapai empat RT. Kini, karena penghuninya berkurang, jumlah RT pun menyusut menjadi hanya 2 RT.

Di dua TPS yang ada, tercatat ada 787 PSK dan germo yang memberikan suara.(sir)









Tidak ada komentar: