Selasa, 07 April 2009

Camat Mobilisasi Massa Dilaporkan ke Panwaslu

Diduga memobilisasi massa, 3 Camat di Ogan Ilir (OI) Dilaporkan ke Panwaslu

Palembang:

Tiga camat dan satu Sekretaris Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OganIlir (OI) dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) atas tuduhan pelanggaran kampanye. Mereka dituding secara terang-terangan memobilisasi massa serta mengajak massa untuk memilih calon legislatif (caleg) yang berasal dari Partai Golkar.

Tiga camat dimaksud adalah Camat Payaraman Saheb Aziz; Camat Lubuk Keliat Zamrowi,dan Camat Pemulutan Barat Zaidan. Sementara satu Sekcam yakni Sekcam Sungai Pinang Mustakimah. Dia juga diduga ikut terlibat memobilisasi massa dengan mengajak masyarakat memilih Partai Golkar.

Kuat dugaan, ketiga camat dan sekcam itu melakukan kampanye atas instruksi Bupati OI Mawardi Yahya agar pada 9 April masyarakat memilih caleg yang berasal dari Partai Golkar.

Koordinator Aliansi Caleg Muda Menggugat Kabupaten OI Masyhuri sekaligus Wakil Sekretaris PBR OI kemarin menyatakan, atas keikutsertaan birokrasi dalam pemilu legislatif ini menandakan tidak netralnya abdi negara (pemerintah) dalam menentukan seorang pemimpin yang akan menduduki kursi Dewan.

Untuk itulah, pihaknya melaporkan masalah ini ke Panwaslu OI dengan membawa bukti akurat berupa rekaman video dan visual saat para camat dan sekcam melangsungkan kampanye. Semua bukti dalam bentuk rekaman video audio dan visual sudah disiapkan dan tinggal mengantarkannya ke Panwaslu OI.

Senada dikatakan caleg dapil IV PAN Adi Chandra. Menurut dia, pihaknya keberatan atas tindakan yang dilakukan sejumlah pejabat birokrasi OI. Hal ini jelas sangat merugikan karena banyaknya kecurangan yang dilakukan.

“Kami siap kalah asalkan caleg Golkar dapat berkompetisi secara kompetitif dan tidak melakukan kecurangan- kecurangan,”terangnya. Dia mengakui, selama ini Panwaslu OI seperti tertidur lelap melihatbanyaknya pelanggaran.Dia mengancam akan melaporkan masalah ini ke tingkat yang lebih tinggi jika tidak ditanggapi Panwaslu OI.

Camat Pemulutan Barat Zaidan saat dikonfirmasi melalui ponselnya membantah keras apa yang dilaporkan Aliansi Caleg Muda Menggugat tersebut.“Tidak ada itu.Saya tidak pernah memobilisasi massa dengan mengajak warga untuk memilih caleg dari Partai Golkar,” kata Zaidan.

Ketua Panwaslu Kabupaten OI Massuryati saat dikonfirmasi kemarin menyatakan, pihaknya siap menindaklanjuti semua laporan yang disampaikan warga asalkan waktunya tidak kedaluwarsa dan disertakan dengan saksi dan bukti akurat lainnya. (sir)

Tidak ada komentar: