Selasa, 07 April 2009

Telkomsel Siap Pemilu



Petugas Telkomsel sedang melakukan pengecekan Compact Mobile Base Stations (Combat) di salah satu lokasi dekat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Telkomsel telah menyiapkan seluruh elemen jaringannya untuk menghadirkan kenyamanan komunikasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 yang akan dilaksanakan 9 April 2009, diantaranya penyediaan kapasitas handling SMS (SMSC) terbesar hingga 47.100 SMS/detik atau berkemampuan melayani hingga 4 miliar SMS/hari.




Jaringan Telkomsel Siap Layani Pemilu 2009




Jakarta:

Telkomsel telah menyiapkan seluruh elemen jaringannya untuk menghadirkan kenyamanan komunikasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 yang akan dilaksanakan 9 April 2009.

Berbagai elemen network seperti SMSC (Short Message Service Center), BTS (Base Transceiver Station), MSC (Mobile Switching Center), dan IN (Intelligent Network) telah siap melayani masyarakat, terutama 72 juta pelanggan Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok.

”Memastikan kesiapan berbagai elemen jaringan tersebut tentunya merupakan kewajiban kami untuk mendukung pemerintah dalam mensukseskan Pemilu 2009 dalam hal kelancaran komunikasi. Untuk komunikasi suara, jaringan Telkomsel menghadirkan tingkat Call Completion Success Rate mencapai 98,58%, dimana hal ini menggambarkan tingginya tingkat kesuksesan suatu komunikasi sejak tersambung hingga selesainya percakapan,” papar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno.

Untuk kenyamanan komunikasi SMS, Telkomsel menyediakan kapasitas handling SMS 47.100 SMS/detik atau berkemampuan melayani hingga 4 miliar SMS/hari. Selama masa kampanye, trafik penggunaan SMS pelanggan Telkomsel fluktuatif sekitar 310 – 325 juta SMS perhari dimana tidak terlalu terjadi peningkatan yang signifikan dibanding hari normal biasa yang rata-rata juga sekitar 310 juta SMS perhari.

Dari sisi jaringan, Telkomsel telah membangun sekitar 27.500 BTS yang menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi Indonesia, Dan untuk kenyamanan layanan data, jaringan Telkomsel telah didukung teknologi canggih mulai dari GPRS, EDGE, 3G WCDMA hingga HSPDA.

Telkomsel juga telah menghadirkan Mobile Switching Center (MSC) sejumlah 111 MSC untuk mejaminkan kelancaran koneksi komunikasi. Di samping itu untuk kenyamanan pelanggan kartu prabayar, Telkomsel juga telah menyediakan kapasitas handling Intelligent Network (IN) sebesar 97 juta, mengingat hampir 95 persen pengguna seluler Indonesia adalah pelanggan prabayar.

Seluruh elemen infrastruktur Telkomsel telah menghadirkan kemampuan handling pelanggan atau HLR (home Location Register) hingga lebih dari 100 juta pelanggan. Bahkan mengingat bayaknya perantau yang akan pulang kampung untuk menggunakan hak pilihnya sekalian liburan karena hari H Pemilu diikuti libur panjang (long weekend), Telkomsel telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan atau Visitor Location Register (VLR) sebesar 73 juta.

“Kebutuhan komunikasi masyarakat menjelang Pemilu dan libur panjang ini diperkirakan meningkat. Kesibukan panitia dan kontestan Pemilu tentunya sangat membutuhkan dukungan sarana komunikasi baik untuk koordinasi, penyebaran informasi, maupun komunikasi antara petugas-petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar,” ungkap Sarwoto. (sir/rel)

Tidak ada komentar: