Selasa, 28 April 2009

pelatihan jurnalistik

Tinggi, Minat Mahasiswa Dalami Jurnalistik
Palembang:

Minat mahasiswa Universitas PGRI Palembang mendalami jurnalistik cukup tinggi. Sedikitnya 200 mahasiswa antusias mengikuti pelatihan yang digelar di Gedung Guru, Plaju, kemarin.

”Ternyata begitu ya, membuat berita. Sulit dan butuh perjuangan,” komentar Alvian mahasiswa FKIP yang menjadi peserta.

Pelatihan yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa Indonesia, FKIP ini, diikuti bukan saja mahasiswa caln guru tersebut. Tetapi juga dari fakultas lain dan beberapa orang dari Unsri.

Tiga orang narasumber, Chandra dari TVRI, Arif Ardiansyah dari Tempo dan Muhamad Nasir dari Sinar Harapan, yang juga dosen perguruan tinggi yang beralamat di Lorong Gotong royong ini menyampaikan materi terkait dunia jurnalistik.

Menurut Dekan FKIP Drs Syarwani Ahmad yang membuka pelatihan, kegiatan ini dimaksudkan untukmemberi bekal mahasiswa sehingga mereka memiliki keterampilan plus.
Ketua Panitia, Fajar Supriadi mengungkapkan, diharapkan pelatihan ini bisa menjadi cikal bakal terbitnya media kampus. Sehingga mahasiswa bisa mengasah keterampilan dan kemampuan jurnalistik secara langsung.

Beberapa pertanyaan muncul seperti, apa saja syarat untuk menjadi wartawan yang ditanyakan Novi atau mengapa wartawan itu harus menunjukkan identitas kepada narasumber.

Termasuk, bagaimana membagi waktu untuk profesi. ”Karena katanya wartawan itu bekerja 24 jam dalam sehari,” tanya peserta lainnya. ()

Tidak ada komentar: