Jumat, 12 Juni 2015

Wagub Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Tridinanti Palembang

Palembang – Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki menghadiri Pelantikan Rektor Universitas Tridinanti Palembang masa tugas 2015-2019 di Ruang Serbaguna Lantai 6 Gedung KPA UTP Palembang, Kamis (11/6).

Dalam sambutannya,  Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki mengucapkan selamat kepada Rektor Universitas Tridinanti Palembang yang baru dilantik. “Semoga melalui pelantikan ini akan semakin meningkatkan peran dan fungsi perguruan tinggi, karena perguruan tinggi memegang peran penting dalam keberlangsungan peradaban bangsa” ucap Ishak.

Lanjutnya, melihat kompleksnya fenomena masa depan, bangsa ini tidak cukup hanya dengan mewariskan pendidikan ke generasi bangsa dengan kondisi pendidikan yang syarat dengan kelemahan dan kekurangan. Diharapkan dengan dilakukan pembenahan pendidikan yang ada, bangsa Indonesia akan mampu menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Permasalah yang terjadi dalam sistem pendidikan kita harus segera dibenahi dan direformasi, agar generasi penerus bangsa mampu menghadapi tantangan masa yang akan datang. Reformasi pendidikan harus dilakukan agar dapat menghasilkan generasi bangsa yang mampu menghadapi tantangan global” terangnya.

Ishak menambahkan setidaknya ada 3 alasan mengapa pendidikan harus diletakkan pada bagian terpenting dalam suatu bangsa. Pertama, untuk perkembangan ekonomi bangsa. Pada pendidikan, peserta didik mendapatkan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup dan berkompetensi dalam bidang ekonomi.

“Kedua, sebagai perbandingan nilai investasi. Nilai balik yang diberikan dari perbandingan total biaya yang digunakan untuk membiayai pendidikan lebih kecil dengan total pendapatan yang diperoleh ketiak memasuki dunia kerja” jelasnya.

Ketiga, fungsi sosial, politik dan budaya. Kontribusi pendidikan terhadap pengembangan SDM, perkembangan politik, sikap dan keterampilan kewarganegaraan, serta untuk perkembangan budaya Indonesia.

“Inilah modal awal yang harus dikembangkan untuk menjadi aset pembangunan nasional. Adanya SDM yang berkualitas tentunya harus dibarengi dengan adanya nilai-nilai moral keinsanan pada diri setiap individu, agar mampu memegang amanah dan selalu bertanggung jawab atas segala perbuatan yang ia lakukan. Dan hanya dengan pemberdayaan SDM inilah, bangsa kita bisa berdiri tegak sejajar dengan bangsa lain” tegas Ishak.

Rektor Universitas Tridinanti Palembang yang baru,  Dr Ir Hj Manisah MP mengatakan kepercayaan yang telah diberikan menjadi Rektor Universitas Tridinanti Palembang masa tugas 2015 – 2019 merupakan amanah yang harus dijalankan sehigga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
 
“Saya meminta dukungan dari semua pihak untuk sama-sama membangun Universitas Tridinanti Palembang sehingga semakin baik lagi dimasa yang akan datang” harapnya.  

Sementara itu, Rektor Universitas Tridinanti Palembang yang lama Prof Dr Ir Edizal AE MS mengatakan bahwa Universitas Tridinanti Palembang sekarang sudah berusia 31 tahun. “Dalam 31 tahun tersebut sudah mencatat 4 kali pergantian rector. Saya sangat bersyukur dapat menyelesiakn tugas sebagai rektor. Saya mengucapkan terima kasih kepda selruh pembantu rector, dekan, ketua-ketua jurusan, karyawan dan mahasiswa” tuturnya.

Tidak ada komentar: