Selasa, 05 Mei 2009

Papua Pesan kapal di Palembang

Papua Beli Kapal ke-6 dari Palembang

Palembang:
Untuk keenam kalinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua membeli kapal buatan Palembang, yang dibuat sejak 1 April 2008 lalu.

Gubernur Papua Barnabas Suebu secara resmi mengambil kapal yang bernama KM Papua Baru,di Kawasan Mariana Banyuasin, Senin (4/5). Pengambilan KM Papua Baru oleh Gubernur Papua, didampingi oleh Wakil Gubernur Sumsel H Eddy Yusuf, Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Sarimuda, serta unsur Muspida lainnya.

”Kapal ini merupakan kapal yang keenam dari Sumsel. Nanti akan digunakan untuk mengangkut masyarakat di pesisir Papua,’’ kata Barnabas. Barnabas menuturkan, Papua memiliki luas wilayah tiga kali lebih luas dari Pulau Jawa,namun infrastrukturnya belum memadai.

Sedangkan garis pantai yang dimiliki Papua terpanjang di antara pulau- pulau lain yang ada di Indonesia, sehingga sangat diperlukan kendaraan laut yang memadai.Menurut dia, selama ini Papua menganut sistem transportasi integrasi darat,laut dan sungai,serta udara. “70% saat ini transportasi kita udaradengan450lapanganterbang.

Untuk menekan biaya transportasi, maka darat dan sungai harus juga berperan. Tapi, jika harus membangun jalan darat biayanya sangat mahal dan butuh waktu, sehingga sungai alternatifnya,” terangnya.

Menurut rencana Pemprov Papua, kapal itu nantinya akan dijadikan sebagai kapal printis untuk warga Papua.

Dengan klasifikasi Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), kapal dapat menampung 350 penumpang dengan awak yang mencapai 36 orang. Bahkan, KM Papua Baru dilengkapi kelas VVIP 1 kamar, kelas 1 berjumlah 6 kamar,kelas 2 berjumlah 6 kamar, dan 2 ruangan besar untuk kelas ekonomi.Selain itu,ada juga fasilitas ruang meeting,ruang rekreasi,ruang kafetaria,water maker,serta fullAC.

Adapun spesifikasi kapal yang diberi nama KM Papua Baru itu, memiliki panjang 63 meter, lebar 12 meter, tinggi 6 meter, sarat air 3 meter, mesin induk 2 x 1000 HP, dan mesin bantu 2 x 150 kva dan 1 x 80 kva.


Sementara itu,Wakil Gubernur Sumsel, Eddy Yusuf sangat mengapresiasi sikap Gubernur Papua yang mengambil langsung kapal pesanannya. (sir)

Tidak ada komentar: