Kamis, 12 Februari 2015

ALEX BLUSUKAN KE SENTRA BATU AKIK

Alex Noerdin, Gubernur Sumselblusukan ke sentra batu akik di Palembang.
 Ditengah maraknya perkembangan komoditas batu akik di masyarakat saat ini menarik perhatian orang nomor satu di Sumatera Selatan.   Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin dalam kesibukan rutinitasnya, Minggu (1/2) menyempatkan diri untuk blusukan ke sentra pengrajin batu akik yang berada disepanjang jalan Jendral Soedirman Palembang, mulai dari simpang Internasional Plaza hingga ke Pasar Cinde.  
Suami Hj Eliza Alex ini memperhatikan satu persatu batu akik yangg dipajang dipinggi jalan disepanjang jalan dipusat keramaian kota Palembang  hingga ke ke toko didaerah ini.  
Ketika ditanya soal batu akik Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyatakan dirinya menyukai  karena keindahanya, “Aku dak pulo ngerti nian dengan batu batuan ini tapi, tapi Aku seneng karena keindahanyo” ujarnya dengan logat  Palembang.  
Menurutnya perkembangan usaha penggrajin batu akik di Sumatera Selatan sangat luar biasa dan hal ini telah mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat.    Karena batu akik ini tidak hanya disukai oleh masyarakat Sumatera Selatan tapi telah menembus pasar Indonesia hingga maca negara seperti Korea, Thailan dan vietnam serta sejumlah negara di Eropa.  
Alex mengatakan perputaran uang di sentra pengrajin batu  akik  ini  setiap harinya  mencapai ratusan juta rupiah.     Kedepan pihaknya akan terus mendorong usaha penggrajin batu akik ini dengan menyiapkan lahan untuk para pengrajin untuk memasarkan hasil kerajinanya.  
Ketika ditanya dimana kira kira tempat yang akan disediakan, Alex mengatakan akan segera memanggil SKPD yang menangani hal ini untuk segera mencarikan tempat yang tepat untuk  mereka.   “coba bayangkan berapa ratus juta uang berputar disini setiap harinya, ini sungguh luar biasa. Dan hal ini telah mampu mendorong  peningkatan ekonomi rakyat” terangnya.   
Masih menurut Alex banyak pekerja informal bahkan formal banyak tebantu oleh kegiatan ini sebagai pengghasilan tambahan baik mereka.    Sedangkan untuk di Sumatera Selatan tambang  batu akik ini terbanyak di Baturaja OKU dan di Muratara. 
Sementara itu Salah seorang pengrajin batu akik Zailani (36) ketika dibincanggi korang ini mengatakan jenis batu yang banyak dicari masyarakat saat ini selain batu bacan Maluku juga batu biru langit yang berasal dari dusun Tanjung Lengkayap  OKU  serta jenis batu sunkis dan lavender.  
Menurutnya batu akik mulai  naik daun di masyarakat sejak 2 tahun lalu, dan untuk saat ini usaha batu akik ini cukup menjanjikan.  Hal inilah yang telah membuat dirinya meninggalkan pekerjaanya di sebuah perusahaan jasa keuangan milik pemerintah, agar dia lebih fokus dalam usaha kerajinan batu akik ini.   Selanjutnya Zailani menjelaskan dengan usahanya ini dirinya setiap bulan paling tidak dapat meraup keuntungan 10 hingga 20  juta rupiah.  
Untuk kota Palembang sendiri saat ini pusat pemasara battu akik ini ada di sepanjang jalan jendral soedirman dan daerah ini  ramai dikunjungi penggemar batu akik pada setiap hari sabtu dan minggu. 
 Kedepan menurut Zailani  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyiapkan tempat bagi para pengrajin batu akik ini. “Saya atas nama teman teman mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah menyempatkan diri mengunjungi kami, dengan kunjungan ini tentu akan memberikan dorongan bagi kami dalam meningkatkan usaha ini” ujarnya. 
Komunitas Pengrajin batu akik ini menyambut baik kunjungan Gubernur Sumsel karena ditengah tengah kesibukannya Orang nomor satu di Sumsel ini menyempatkan diri untuk memberi perhatian kepada mereka.  Disamping itu mereka juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang  akan menyediakan lahan berjualan yang lebih baik bagi mereka

Tidak ada komentar: