Senin, 15 September 2014

590 Anggota DPRD Ikuti Orientasi


Palembang: Sedikitnya 590 anggota DPRD se-Sumsel  mengikuti orientasi yang dilaksanakan Badan Diklat Sumsel. Kegiatan dilaksanakan secara bertahap. Mulai Senin (15/09) di Ballroom Hotel Arista Palembang.
 
Ketua pelaksana orientasi yang juga kepala Badan Diklat Provinsi Sumsel Hj Septiana Zuraida mengatakan, peserta orientasi ini berjumlah 590 orang yang berasal dari 15 kabupaten dan kota se-Sumsel.
Dijelaskannya, kegiatan ini dibagi beberapa tahap. Untuk tahap I dilaksanakan bagi anggota DPRD yang sudah di dilaksanakan peresmian pengangkatan sebagai anggota DPRD kabupaten dan kota.

Lebih lanjut Hj Septiana Zuraida menambahkan, orientasi tahap I berjumlah 145 peserta dilaksanakan 14-17 September 2014. Angkatan II berjumlah 165 peserta dilaksanakan 17- 20 September 2014. Sedangkan anggota DPRD yang belum diresmikan pengangkatannya sebagai anggota DPRD Kab/Kota akan dilaksanakan orientasi dengan agenda berkelanjutan.

"Kegiatan Ini bekerjasama dengan lembaga penelitian Universitas Pasundan Bandung dengan akreditasi A dan menghadirkan narasumber yang telah memiliki pelatihan TOT orientasi DPRD yang dilaksanakan oleh Kementrian Dalam Negeri RI," ungkapnya.
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin resmi membuka Orientasi DPRD Kabupaten dan Kota periode 2014-2019 se- Sumsel tahun 2014 ini .
 
Orientasi ini diikuti seluruh anggota DPRD yang baru terpilih bertujuan untuk memberikan pemahaman peran, tugas serta fungsi DPRD, membekali peserta dengan persamaan pola pikir terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta utuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap keteladanan sebagai Legislator yang dapat menjadi contoh dan teladan dalam sikap dan prilaku.

Dalam sambutanya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, Menyambut baik kegiatan orientasi ini karna 70% anggota DPRD Kabupaten/ Kota yang baru terpilih merupakan orang yang baru. Dikatakannya, orientasi pembekalan ini sangat penting untuk pendalaman tugas sebagai anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Gubernur juga mengimbau kepada seluruh peserta  agar dapat mengikuti orientasi ini dengan sebaik-baiknya karena peran DPRD kedepan akan sangat berat diantaranya bagaimana mengisi peran sebagai anggota DPRD tersebut agar dapat benar-benar menjalankan amanah yang diberikan masyarakat. (sir)

Tidak ada komentar: