Senin, 17 Januari 2011

Sniper Disiapkan Kawal Atlet Sea Games

Palembang:

Sniper (penembak itu) dari Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya disiapkan kawal seluruh atlet dan ofisial kontingen SEA Games.

Demikian terungkap dalam rapat koordinasi lingkup deputi III penyelenggaraan SEA Games XXVI 2011 di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel Jumat (15/1)

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Torkis P Siahaan yang memimpin tersebut mengatakan, personel pengawal khusus ini merupakan personel pilihan. “Orang-orangnya harus pilihan, terutama yang memiliki kemampuan berbahas Inggris dan menembak. Jumlahnya akan kita bahas lagi, ya paling satu atau dua orang untuk atlet dan official, diharapkan nanti berasal dari satuan Intelkam, baik Polda ataupun Kodam II. Mereka mulai bertugas saat para atlet atau ofisial tiba di bandara, naik bus, sampai mengantar ke wisma atlet,” ujar Torkis.

Selain pengawal atlet, pihaknya juga menyiapkan personel khusus untuk mengamankan wisma atlet. Personel ini akan diambil dari personel provos atau Polisi Militer TNI. “Sedangkan untuk pengamanan VVIP dan lainnya, merupakan kewenangan Kodam dan Paspampres karena sudah masuk kategori ring I pengamanan,” terangnya. Selanjutnya, terhitung sejak rapat awal ini,para kepala bidang dan seksi masing-masing dipersilakan melakukan rapat lanjutan.

Antara lain mulai melakukan penyusunan petunjuk pelaksanaan teknis lapangan sementara, sampai memilih para anggota bidang dan seksinya sesuai prosedur berlaku.”Prioritaskan orangorang yang masuk bidang pengamanan adalah yang memiliki kemampuan berbahas Inggris dan tembak,” tegas Torkis. Termasuk, sebelum rapat lanjutan pada Selasa (25/1), lanjut dia, kabid-kabid sudah bisa membuat gambaran kebutuhan anggaran sementara, guna mendukung tugas dan fungsi mereka masing-masing.

”Mengenai berapa besarannya, silakan disusun dengan baik, dan nanti semuanya disampaikan kembali di rapat berikutnya,”tegasnya. Asisten III Bidang Kesra Pemprov Sumsel, Aidit Aziz menambahkan, petunjuk pelaksanaan awal terkait tugas bidang masing-masing, sangatlah penting.” Ya walau kami tahu ini hanya untuk pengamanan lokal, tapi sangat penting sekali. Kalau semua sudah siap, kami tinggal mela-kukan koordinasi saja dengan panitia di pusat, baik bidang pengamanan maupun bidang lainnya,” ungkapnya.

Terakhir dia mengingatkan, bahwa ini event internasional, yang akan hadir dari 11 peserta SEA Games, ditambah lima kepala negara lain. (sir)

Tidak ada komentar: