Minggu, 02 Januari 2011

Venues Sea Games Ditarget Selesai Tepat Waktu






Palembang:

Pembangunan venues SEA Games (SEAG) 26th di kawasan Jakabaring Sport City diyakini akan selesai tepat waktu yang ditargetkan.

Menurut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, seluruh kontraktor yang terlibat pembangunan venues berkomitmen bergerak cepat guna menyelesaikan pembangunan.

“Bisa dilihat bersama saat ini, seperti di stadion atletik ini, sekarang sedang berlangsung pembangunan tribune, baik sisi barat maupun timur,dan kegiatan lainnya. Sedangkan, fasilitas lintasan dan lainnya juga sudah dipesan di Jerman. Insya Allah semuanya akan selesai pada Juni 2011,” ujar Alex saat melakukan pantauan ke lokasi pembangunan venues SEAG 26th di Kawasan Jakabaring Sport City menjelang malam pergantian tahun, Jumat (31/12).

Bukan hanya itu, pembangunan venues lainnya, seperti lapangan tenis,kolam aquatik, dan rehabilitasi beberapa gedung lama, baik di Jakabaring maupun GOR Kampus, semuanya sedang berjalan serentak.


”Begitu juga pembangunan fasilitas SEAG yang menggunakan APBN 2011, pertengahan Januari nanti sudah bisa dimulai, seperti arena panjat dinding dan wisma atlet,” tambahnya.

Sejauh ini, kata Alex, tak ada kendala berarti dalam pembangunan yang sedang berjalan. Semuanya berjalan lancar, sesuai jadwal dan diproyeksikan selesai tepat waktu. ”Doakan saja, insya Allah selesai sesuai jadwal yang sudah ditentukan,”tandasnya.

Ditemui terpisah, Project Manager Pembangunan Stadion Atletik dari PT Prambanan Dwipaka Tedjo Kuntjoro menjelaskan, pihaknya tengah mengerjakan pembangunan struktur atas tribune. Diperkirakan pembangunan tribune akan selesai pada Februari.

Setelah itu, pihaknya akan menyelesaikan pembangunan lintasan lari secara simultan. “Semuanya,termasuk tribune dan lintasan diperkirakan sekitar April atau Mei bisa selesai.Untuk pengerjaan stadion atletik termegah di Indonesia ini, pekerja kami bekerja sejak pukul 8 pagi hingga jam 10 malam.Tidak ada hari libur,walaupun libur nasional. Memang belum efektif 24 jam setiap hari,tapi kami optimistis bisa selesai tepat waktu,” katanya



Sementara itu, Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel Rizal Abdulah yang mendampingi Gubernur menambahkan, saat ini para pekerja sedang fokus untuk membangun fondasi dasar atau lantai setiap venues. ”Kalau semuanya selesai, termasuk pemasangan tiang pancang, yang lain akan menyusul dengan cepat. Jadi kita tinggal pasang-pasang saja modul bangunan dari dinding beton yang sudah dicetak,”katanya.

Hal sama juga akan dilakukan pada pembangunan kolam renang aquatik yang sekarang pihak kontraktor terus bekerja siang malam menyelesaikan fondasi. ”Kita lihat selama ini tidak ada masa-lah. Koordinasi antara kontraktor pembangunan fondasi kolam renang dengan konsultan Myrtha Pools terus dilakukan,” paparnya. Bahkan, pada akhir 2010 tadi, sambung Rizal, perkembangan pembangunan venues telah mencapai rata-rata 17,5%. Hal itu bisa dilihat dari tiang pancang yang sudah terpasang.

”Sistem kerja di sini, tidak hanya fokus menyelesaikan satu hal saja. Saat yang lain menyelesaikan pemasangan tiang pancang serta pengecoran, pekerja lain mengerjakan bagian lainnya, jadi sambung menyambung pekerjaannya,”tutur Rizal.

Mengenai progres pembangunan wisma atlet, Rizal mengatakan, saat ini sedang penye-lesaian proses tender. Namun, barang-barang pendukung,seperti tiang pancang, batu, kayu, sudah masuk semua dan berada di lokasi untuk segera dikerjakan.

”Sekitar 6–7 bulan sudah selesai dibangun. Termasuk, pembangunan Sport Science Centre (SSC) dan arena voli pantai.Pembangunan di kawasan GOR POM IX juga tak ada masalah, tinggal dibangun,”pungkasnya. (sir)

1 komentar:

Victoria Mc Mahon mengatakan...

Blog dan artikelnya bagus, komentar juga di blog saya www.when-who-what.com