Selasa, 25 Agustus 2015

Hak Paten Pempek dan Songket Milik Palembang



Palembang:
 Hak paten pempek dan songket kini resmi dimiliki Palembang. Surat hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM RI kini dipegang Pemkot Palembang.

Selain itu, Palembang juga berhasil mematenkan 71 motif songket, 10 motif tenun tajung, 14 motif tenun blongsong, 4 motif tenun jumputan, dan batik Palembang.

Paten pempek, songket dan sejumlah hasil kebudayaan Palembang ini telah dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM per 1 Agustus 2014. Setahun sebelumnya memang telah didaftarkan.

Setelah resmi dikeluarkan, hak jangka pelindungan akan diberlakukan hingga 50 tahun kedepan sejak hak paten tersebut dikeluarkan.

"Kami pastikan pempek, motif songket, dan makanan lainnya tidak akan diklaim daerah lain sebagai hasil kebudayaannya. Pasca ini, tidak akan ada lagi pempek Lampung atau Jambi. Kalaupun ada makanan yang sama, tidak bisa disebut pempek," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Palembang H Harnojoyo,Selasa (25/8).

"Jadi kalau ada motif songket atau pempek dan bolu yang diakui kota luar harus mendapat izin dari Pemkot Palembang, dan harus membayar royalti jika memang ada yang memakainya," imbuhnya.

Kini surat hak cipta tersebut telah selesai dan diambil oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang Syahrul Hefni, Jumat (21/8) lalu.

Sebelumnya, status pempek memang sempat menjadi polemik antara Palembang dan Jambi. Begitupun songket, juga sempat menjadi rebutan dengan daerah tetangganya itu. Sempat terjadi saling klaim.

Akhirnya, kuliner khas Palembang yang terbuat dari ikan dan terigu dan telah dikenal luas, yakni pempek berhasil dipatenkan Palembang.

Dalam surat tersebut ditetapkan 12 jenis pempek sebagai hasil budaya masyarakat  yang berasal dari Palembang. Diantaranya, yakni pempek panggang, pempek telok, dan tekwan.

Dengan dipatenkannya pempek, motif songket, serta serta puluhan makanan khas lainnya di Palembang, maka semua hasil budaya rakyat tersebut tak dapat diakui daerah lain.(sir)
.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

BOLAVITA merupakan salah satu website yang terkenal akan banyak permainannya saat ini. Untuk pecinta Sabung ayam, dapat memainkan permainan ini di situs BOLAVITA.

BOLAVITA memiliki kelebihan dalam website nya tersebut:
✔ DEPOSIT DAN WITHDRAW DIPROSES PALING LAMA HANYA 2 MENIT
✔ FAIRPLAY PLAYER VS PLAYER
✔ SERVICE 24 JAM NONSTOP
✔ DATA ANDA MERUPAKAN PRIVASI, JADI CUKUP AMAN
✔ BONUS, HADIAH DAN DISKON YANG CUKUP MENARIK

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

TERSEDIA DEPOSIT VIA :
=> PULSA ( XL & TELKOMSEL )
=> E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
=> Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
✔ INSTAGRAM : @bola.vita
✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc