Selasa, 18 Agustus 2009

Hipmi Sumsel Gandeng Pengusaha Malaysia



Karet, potensi perkebunan Sumsel yang masih terbuka untuk digarap



Pengusaha Sumsel Gandeng Pengusaha Malaysia

Palembang,Sinar Harapan

Mengoptimalkan potensi perkebunan yang ada, pengusaha Sumsel menggandeng pengusaha Malaysia untuk berinves maupun menembus pasar Eropa.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel Dodi Reza Alex Selasa (18/8) mengungkapkan, pembangunan daerah memerlukan akselerasi berbagai bidang. Termasuk akselerasi di bidang usaha. Tanpa peran pengusaha, pemerintah tentu sulit untuk merealisasikan rencana pembangunan.

Sumsel menurutnya, memiliki potensi yang sangat besar. Terutama dibidang perkebunan dan pertambangan. Upaya optimalisasi potensi ini dilakukan pemerintah daerah, antara lain dengan membangun pelabuhan Tanjung Api-api.

Pembangunan pelabuhan ini tentu perlu diikuti percepatan berbagai sektor. Terutama peluang investasi dari dalam negeri maupun luar negeri, termasuk negeri jiran Malaysia.
Termasuk bagaimana bisa menembus pasar eropa. Yang kalau secara langsung mungkin sulit dilakukan, dengan menggandeng pengusaha Malaysia, diharapkan sebagai langkah awal bisa dilakukan.

“Minimal melalui Malaysia, yang merupakan negara persemakmuran, produk-produk perkebunan bisa lebih diterima Eropa. Meskipun memang karena melalui negara lain tentu akan ada konsekuensi-konsekuensi tertentu,” ujarnya.

Menggandeng pengusaha Malaysia ini dilakukan HIPMI Sumsel dengan mengadakan South Sumatera Initiatives. Melalui forum ini, berbagai permasalahan diharapkan bisa dicarian solusinya. Terutama menyangkut kebijakan pemerintah dan komitmennya terhadap sektor perkebunan.

Pengusaha Malaysia dipastikan hadir, seperti dari Sime Plantation dan Sime Darby, Tenaga Nasional Berhad, Scomi Marine Berhad, Khazanah Nasional Berhad.

Ketua Panitia Yudha Pratomo mengungkapkan, komitmen dan dukungan pemerintah sanga antusias. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akan hadir langsung. Sementara Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa juga dipastikan hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Jayakarta, Rabu (19/8). (sir)

Tidak ada komentar: