Selasa, 04 Oktober 2011

Bersamaan Sea Games, Jemaah Haji Gunakan Bandara Lama



Palembang:

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II digunakan untuk para atlet dan official SEA Games yang akan datang ke Palembang, kepulangan ribuan jemaah haji Embarkasi Palembang tahun 2011 ini terpaksa memakai jalur Bandara Lama.
Begitupan Asrama Haji, tempat singgah sementara juga digunakan official dan atlet. Karenanya, setibanya di bandara, para jemaah tidak singgah di asarama haji, tapi langsung pulang ke rumah masing-masing.
Pemberlakuan jalur ini dilakukan sebagai antisipasi membludaknya kapasitas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II saat perhelatan Sea Games  berlangsung.
 Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel, Aidit Aziz usai menghadiri rapat pembahasan PPIH di ruang Bina Praja Senin (3/10), mengatakan, hal ini dilakukan karena kedatangan jemaah haji ke tanah air, berbarengan dengan berlangsungnya SEAG.
 “Sebenarnya tak ada kendala selama proses keberangkatan jemaah berlangsung. Namun kepulangan jemaah ada beberapa hambatan yang terjadi. Salah satunya waktu yang berbarengan. Oleh karenanya kepulangan jemaah terpaksa melalui jalur bandara lama,” ujarnya.
Begitupun dengan asrama haji. Ribuan jemaah haji Embarkasi Palembang diharapkannya dapat langsung pulang ke rumah masing-masing setibanya di Bandara.
 Ini dikarenakan  asrama haji yang seharusnya berfungsi sebagai tempat singgah sementara jemaah  digunakan oleh official dan Atlit SEAG selama perhelatan Sea Games di kota Palembang.
 “Pada umumnya memang jarang jemaah yang menginap, sebab kebanyakan keluarga langsung menjemput mereka di Bandara,” tutur Aidit Azis.

Terpisah, GM PT. Angkasa Pura, Yon Sugiono menerangkan, pihaknya terpaksa menggunakan jalur bandara lama guna mengantisipasi membludaknya kapasitas di SMB II saat SEAG berlangsung. Kendati begitu, untuk proses imigrasi dan leanding pesawat tetap di Bandara Internasional SMB II. (sir)


1 komentar:

umroh mengatakan...

memang perlu adanya antisipasi,,
terjadinya pembludakan akibat sea games,,
wah sudah dirasakan begitu dahsyatnya acara sea games ini,,