Minggu, 25 September 2011

Hotel Cukup Tampung Peserta dan Official Sea Games

Saalah satu hotel di Palembang, Jayakarta Daira, di Jalan Sudirman.


Palembang

Kamar hotel di Palembang dipastikan siap menampung peserta dan official Sea Games selama pelaksanaan maupun saat opening dan closing.

Demikian diungkapkan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Sumatera Selatan (Sumsel) Erlan Asfiudin Minggu (25/9). Selain itu, pihak hotel juga tidak akan menggunakan jurus aji mumpung terhadap para tamu SEA Games yang akan menginap di sejumlah hotel di Palembang. Caranya, dengan memberikan tarif hotel dengan harga normal.

Menurutnya,  ini merupakan bentuk dukungan terhadap kesuksesan event SEA Games 11 November mendatang di Palembang.

Erlan mengungkapkan, rata-rata harga hotel akan dihargai standar dengan taksiran $ 50 dollar. Namun, harga tersebut masih bisa bervariasi dengan range dari 40-60 dollar, bergantung hotel yang ditempati tamu. 

Diakuinya, penetapan tariff ini sebenarnya merugikan. Namun itu sebagai bentuk kontribusi dari pihak hotel untuk membantu mensukseskan SEA Games di Indonesia khususnya di Palembang, Sumsel. Untuk menetapkan tariff ini, sebelumnya sempat terjadi perdebatan sengit dalam memutuskannya.


Dia memaparkan, tarif ini disetujui oleh hotel-hotel yang tergabung dalam wadah PHRI, yang berjumlah sebanyak 116 hotel yang menyesuaikan kemampuan kantong para atlet.

Harapannya, dengan atarif ini bisa menarik  minat para investor ataupun tamu dari negara lain, agar bisa terus berkunjung ke Palembang. Terlebih, Palembang bisa terus dipercaya menggelar event internasional.

Disisi lain, PHRI dalam waktu dekat akan membagikan no telepon dan peta kawasan kost dan rumah penduduk (home stay) yang diperbantukan dalam pemondokan para tamu SEA Games. Hal ini dilakukan sebagai antispasi lonjakan tamu yang diperkirakan mencapai 15.000 orang.

Siapkan Home Stay

Hitungan di atas kertas,  kata Erlan, hotel di Palembang mampu dan cukup dalam menampung seluruh tamu. Dikarenakan event besar SEA Games, dikhawatirkan akan ada lonjakan tinggi dari sejumlah keluarga peserta. Terutama, keluarga atlet di kelas domestik.

Saat ini sudah terdata sebanyak 40 kostan. Mereka sudah menyatakan siap. Data terbaru, tercatat sebanyak 116 hotel dengan rincian hotel bintang sebanyak 93 hotel dan non bintang sebanyak 23 hotel.

Dengan keseluruhan kamar mencapai sebanyak 6.000 unit dan telah dipesan panitia SEA Games (Inasoc Susmel). Sisanya, para tamu akan diakomodasikan di wisma atlet, yang rampung dibangun di kawasan Jakabaring dengan kuota mencapai 2000 lebih atlet.

Sementara, untuk menampung para tamu lain, PHRI akan menyediakan sejumlah rumah dan kost-kostan yang diprediksi berada di kawasan Jakabaring Palembang dan sekitarnya.  

Hotel yang ada sebenarnya cukup. Namun aharus ada antisipasi  lonjakan tamu yang diprediksi bakal membanjiri Palembang. Kalau untuk skala internasional atau nasional sepeti biasa, hotel Palembang selalu mampu mengakomodasi. Dalam hal ini kami memanfaatkan rumah penduduk dan kost-kostan atau home stay. Jumlah 15 ribu pun bisa terlewati dalam event ini.

“Kami telah berkoordinasi dengan INASOC Sumsel dalam mencari rumah yang dipriporitaskan di kawasan Jakabaring yang dekat dengan arena SEA Games. Sedangkan hitungan penyewaan rumah sendiri akan disesuaikan dengan kemampuan para tamu, sehingga para tamu tidak merasa terbebani,” jelasnya. (sir)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagaimana dengan tanggapa official negara peserta yang mengatakan harg hoetl Rp 3.000.000,- dan sekali makan di pinggiarn sungai musi utk 10 orang tarifnya Rp 6.000.000,-? Cari untung (laba) bolehlah.... Tp kalo sudah keterlaluan, menurut saya tidak etis... Bangsa kita masih perlu pembelajaran....