Rabu, 25 Januari 2012

36 Negara Memastikan Ikut PUIC di Palembang



Palembang:
36 negara memastikan ikut Konfrensi dan Pertemuan Parlemen Negara-Negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) sedunia atau The 7th Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) Conference and Related Meetings yang akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 2431 Januari.

Deputi Persidangan dan Kerja Sama Antarparlemen (KSAP) DPR Achmad Djuned menyatakan, hingga Kamis (19/1)  tercatat ada 36 negara yang telah memastikan hadir, di antaranya Lebanon, Moroko, Qatar,Sudan,Uganda, Mozambik, Syria,Azerbaijan,Kuwait, Pakistan, Senegal, Libya,Kyrgyzstan, Palestina, Somalia, Turki,dan Tunisia.

Selain itu, sejumlah fasilitas akomodasi dan transportasi disiapkan panitia, mulai penginapan di hotel berbintang di Palembang hingga pengadaan 31 mobil Toyota Camry bagi para pimpinan parlemen negara-negara Islam ini.
 Kami siapkan 31 unit Camry, untuk kendaraan para pimpinan parlemen negara-negara yang hadir, yang didatangkan dari Jakarta, kata Djuned seusai rapat finalisasi penyelenggaraan The 7th PUIC di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel kemarin.
 Meski untuk seri Camry yang dirental dari Jakarta tersebut tak seragam, pihaknya akan menyamakan warna mobil yang menjadi prosedur tetap (protap) penyambutan tamu negara tersebut, yaitu hitam.

Djuned menambahkan, semula pihaknya berkeinginan agar seluruh fasilitas kenegaraan yang disiapkan bagi para tamu negara ini disediakan Sumsel. Karena keterbatasan, akhirnya pihak panitia memutuskan mendatangkan sejumlah keperluan, seperti mobil hingga 16 petugas liasion officer (LO) yang mampu berbahasa Prancis dari Jakarta.

Tapi untuk sopir, kami  ambil dari daerah (Sumsel), tapi telah dibekali beberapa pelatihan sesuai standar pelayanan tamu-tamu negara, beber Djuned.

Selain itu, materi yang di bahas dalam The 7th PUIC adalah permasalahan kesejahteraan umum, demokrasi, keadilan, dan perdamaian dunia (democratic, common prospherity, justice, and world peace), yang akan dibahas pada 2429 Januari dalam sidang pleno The 7th PUIC.
Pada 30 Januari, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan hadir di Palembang guna membuka secara resmi pelaksanaan The 7th PUIC Conference and Related Meetings di Hotel Aryaduta, Palembang, tersebut.
(Sir)

Tidak ada komentar: