Sabtu, 22 September 2012

Gubernur Sumsel Melepas Kloter Pertama Calon Jemaah Haji 1433 H Embarkasi Palembang


 
Jemaah haji yang tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Palembang, secara resmi dilepas oleh Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH, Jumat (21/9) menuju tanah suci melalui pesawat Airbus A330-200. Pelepasan yang dilakukan di asrama haji palembang ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Prov Sumsel, Anggota Komisi VIII DPR RI, Kapolda Sumsel, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel, Bupati Muaraenim, Sekda Prov Sumsel, Kakanwil Kementerian Agama Prov Sumsel.
“Tidak semua umat Muslim bisa mendapatkan kesempatan seperti ini” ucap Alex. Lanjutnya, ada yang mampu tapi tidak sempat, ada yang sempat tapi tidak mampu, ada yang mampu dan sempat tapi tidak sehat, ada yang mampu, sempat dan sehat tapi harus menunggu 10 tahun lagi. Maka dari itu, kesempatan ini harus disyukuri.  Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut juga, Gubernur Sumsel menyerahkan bantuan uang transport secara simbolis kepada 30 calon jemaah haji 1 juta rupiah setara dengan 376 real. 
Ditemui setelah pelepasan, perwakilan anggota Komisi VIII DPR RI melalui Sofwatillah mengungkapkan bahwa untuk pemberangkatan haji kali ini, komisi VIII DPR RI mempuyai 4 catatan penting yang sangat menjadi perhatian yaitu makanan, kesehatan, transport dan tempat tinggal calon jemaah haji. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya keempat aspek tersebut kurang menjadi perhatian. Maka dari itu komisi VIII DPR RI akan memantau secara langsung setiap keperluan-keperluan yang menjadi perhatian tersebut.



            Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Khaitami MM didampingi Kabid Haji dan Umrah Drs H Udin Djuhan MM menjelaskan kloter 1 berasal dari Kabupaten Muaraenim sebanyak 181 orang jemaah, KBIH Aziziah (42), KBIH Varita (44), KBIH Alfalah (28), jemaah haji Kabupaten Empatlawang (24) dan jemaah mandiri (36). Setiap Kloter dilengkapi dengan seorang Ketua Kloter, satu petugas pembimbing ibadah, dan tiga petugas kesehatan yang terdiri satu dokter dan dua perawat medis.

Tidak ada komentar: