Kamis, 06 September 2012

PT Servo Uji Coba Jalan Khusus Batubara



PALEMBANG – Jalan khusus batubara sepanjang 116 km mulai dari Kabupaten Lahat hingga Dermaga Muara Lematang, Kabupaten Muara Enim yang dibangun oleh PT Servo Lintas Raya yang merupakan anak perusahaan dari PT Servo Meda Sejahtera, saat ini telah memasuki masa uji coba lintasan.

“Untuk pengerjaan jalan khusus batubara tahap pertama sepanjang 116 km yang kita bangun, saat ini sudah memasuki tahap uji coba. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas jalan, baik itu kepadatan jalan maupun kekuatan jembatan yang ada,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Servo Meda Sejahtera, Danke Dradjat, kemarin.

Jalan khusus batubara yang melewati 37 perlintasan ini, dikatakan Danke akan selesai dikerjakan pada akhir September 2012. dengan begitu kendaraan batubara yang selama ini melintasi jalan umum dapat beralih atau melintasi jalan khusus truk batubara tersebut.

Dia mengatakan, saat ini pengerjaan yang dilakukan oleh pihaknya yakni melakukan pengecoran beton terhadap 37 jembatan yang ada disepanjang jalan. Dikarenakan selama ini jembatan yang terbuat adalah jembatan belly atau jembatan sementara, yang kekuatannya hanya menahan beban 15 ton. “Ya, selain melakukan pengecoran pada jembatan, kita juga secara bertahap melakukan penebalan jalan yang masih mengalami penurunan saat dilakukan uji coba,” tuturnya.

Kendati nantinya dapat dilalui oleh kendaraan batubara, pihaknya tetap memberlakukan pembatasan beban angkutan. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kualitas jalan agar tidak cepat hancur akibat beban yang berlebihan. “Kita batasi daya angkut kendaraan batubara maksimal 30 ton, ini tujuannya untuk menjaga kualitas jalan,” katanya.

Pengerjaan jalan khusus batubara yang menelan biaya sekitar Rp 1 triliun ini, menurut Danke kedepannya dapat mengurangi kepadatan jalan raya akibat kendaraan batubara sekitar 30%, serta dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang berada di sekitar jalan tersebut. “Disepanjang jalan tersebut kita telah persiapkan pos penjagaan, untuk mencegah kerawanan sepanjang perjalanan,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, pembangunan jalan khusus batubara tahap kedua yakni sepanjang 123 kmi dari Kabupaten Lahat menuju Kabupaten Banyuasin akan segera dilakukan pembangunan. “Total panjang jalan yang akan kita bangun itu mencapai 239 km. tahap pertama Kabupaten Lahat ke Dermaga Muara Lematang, Kabupaten Muara Enim sudah selesai dibangun. Tahap kedua Kabupaten Lahat ke Kabupaten Banyuasin sepanjang 123 km saat ini tengah dalam proses pembebasan lahan,” bebernya.

Tidak ada komentar: