Minggu, 16 September 2012

Soundrenaline Historis

LEMBAR FAKTA
                                                                                   
Tentang Soundrenaline 2002

A Mild Live Soundrenaline pertama kali diadakan pada tahun 2002. Festival musik terbesar di Indonesia ini diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 2 & 3 November, bertempat di Parkir Timur Senayan Jakarta. Dengan mengangkat tema “Experience ‘Em All”, Soundrenaline yang menghadirkan 38 band nasional papan atas, berhasil menarik perhatian sebanyak 45 ribu penonton. Para pengisi acara pada gelaran Soundrenaline 2002 diantaranya adalah Slank, BIP, Gigi, Sheila On 7, dan yang lainnya.



Tentang Soundrenaline 2003
A Mild Live Soundrenaline kembali diselenggarakan pada tahun 2003. Kali ini Soundrenaline diadakan di 5 kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Bandung, Jogja, Bali dan Surabaya. Dengan mengangkat tema “Aksi Musik Paling Bernyali di Lima Kota”, Soundrenaline mengusung kemegahan festival musik kepada penikmat musik di lima kota. Sebanyak 64 band papan atas Indonesia tampil pada Soundrenaline, yang pada tiap kota penyelenggaraannya berhasil menarik sebanyak 40 ribu penonton.


Tentang Soundrenaline 2004
Untuk ketiga kalinya, A Mild Live Soundrenaline diselenggarakan. “Make Music Not War” menjadi tema besar penyelenggaraan A Mild Live Soundrenaline tahun 2004, yang diselenggarakan di 4 kota yaitu Padang, Malang, Makassar dan Jakarta. Tema ini diangkat sebagai bentuk seruan untuk menyebarkan pesan perdamaian melalui musik di Indonesia. Inilah kali pertama Soundrenaline menghadirkan band internasional untuk tampil. Mereka adalah The Weekend (Kanada) dan The Cassanovas (Australia), yang berbagi panggung dengan band papan atas Indonesia seperti Slank, Peterpan, God Bless, dan lainnya.


Tentang Soundrenaline 2005

Reborn Republic” menjadi tema A Mild Live Soundrenaline tahun 2005, dimana tema tersebut diangkat untuk mengajak Indonesia bangkit kembali setelah diterpa berbagai masalah. Diselenggarakan di 5 kota yaitu Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali, sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2005. Sebanyak 101 band tampil di rangkaian Soundrenaline, termasuk band internasional Noise Conspiracy (Swedia) dan Crowned King (Kanada).



Tentang Soundrenaline 2006

Saat kondisi Indonesia tengah rapuh karena berbagai bencana, A Mild menghimbau music maniacs untuk terus bersatu dan bersama-sama menjalani ujian yang tengah diberikan, dengan menyelenggarakan A Mild Live Soundrenaline di tahun 2006. Kali ini kota penyelenggaraannya mencakup Banjarmasin, Makassar, Pekanbaru, Medan dan Jakarta. Ratusan musisi nasional dan internasional memeriahkan festival musik terbesar di Indonesia ini, diantaranya dengan menghadirkan band INXS (Australia), Saw Losser (Singapora) dan Mike Tramp (Amerika). Dengan tema “Rock United”, Soundrenaline berhasil menarik sekitar 45 ribu penikmat musik di setiap kota penyelenggaraannya.

Tentang Soundrenaline 2007

Tahun 2007, A Mild Live Soundrenaline digelar kembali. Kali ini Soundrenaline hadir di 5 kota di Indonesia yaitu Padang, Palembang, Bandung, Surabaya dan Denpasar. Tak kurang dari 100 musisi dari dalam maupun luar negeri ikut berpartisipasi dalam Soundrenaline yang mengangkat tema “Sounds of Change” ini. Pada penyelenggaraan Soundrenaline tahun ini pula dibentuk sebuah media board (satu badan yang berisikan perwakilan media) untuk melakukan penilaian pada penampilan band yang tampil di tiap kota. Band yang dinilai mampu menyuarakan perubahan sesuai tema mendapat penghargaan berupa tiket konser The Police di Paris, Perancis. Nidji dinilai sebagai band yang paling mampu menunjukkan perubahan.

Tentang Soundrenaline 2008
Free Your Voice” menjadi tema A Mild Live Soundrenaline tahun 2008. Melalui tema tersebut, Soundrenaline mengajak penikmat musik dewasa untuk berani mengekspresikan pendapat tanpa rasa takut tapi tetap bertanggung jawab. Diselenggarakan di 5 kota di Indonesia yaitu Pekanbaru, Medan, Batam, Malang dan Yogyakarta (Prambanan). Andra & The Backbone, Dewa, D’Masiv adalah beberapa nama band yang tampil, selain itu terdapat penampilan band internasional Skid Row (Amerika), Dearest (Kanada), dan Young & Restless (Australia). Pada Soundrenaline tahun 2008 kembali diadakan penilaian penampilan band yang dilakukan oleh A Board (satu badan yang berisi pemerhati musik). Kriteria penilaian ditambahkan dengan kegiatan off stage. J-Rocks dinyatakan sebagai pemenang, mendapatkan hadiah berupa rekaman di Abbey Road, London, Inggris.









Tentang Soundrenaline 2009
Di tahun 2009, Sampoerna A kembali menyelenggarakan A Mild Live Soundrenaline. Dengan tema “Lead The Beat”, Soundrenaline mengajak perokok dewasa untuk memulai sesuatu yang berbeda, berani melakukan hal-hal di luar kebiasaan untuk menciptakan karya unik dan meraih impian terbaik melalui berbagai cara dan media, di mana salah satunya adalah melalui musik. Penyelenggaraan Soundrenaline kali ini hanya di 1 kota yaitu Denpasar. Sampoerna A menjangkau lebih banyak perokok dewasa di seluruh Indonesia dengan memberikan kesempatan bagi 300 orang yang terdiri dari opinion leader, pemenang kuis radio dan pemenang ‘Do Your Beat’ dari 22 kota untuk ikut merasakan festival musik Soundrenaline. Musisi nasional, musisi berbakat jebolan ajang WANTED dan musisi Bali turut meramaikan Soundrenaline 2009 diantaranya Slank, GIGI, NAIF, J-Rocks, Superman Is Dead, Balawan dan lainnya.

Tentang Soundrenaline 2011
Sempat absen di tahun 2010, Sampoerna A kembali menghadirkan Soundrenaline sebagai festival musik inspirasional di Indonesia. Diselenggarakan di kota Pekanbaru, Soundrenaline 2011 melalui tagline ’Make Yourself Heard’ ingin menginspirasi para perokok dewasa untuk berani menyuarakan gagasan kreatif sesuai semangat Go Ahead. Beberapa band nasional yang ikut menyemarakkan Soundrenaline 2011 adalah Gigi, Andra and The Backbone, Slank dan Naif.


Tidak ada komentar: