Kamis, 04 Agustus 2011

SUMSEL AKAN MILIKI TOL TERPANJANG DILUAR JAWA

SUMSEL AKAN MILIKI TOL TERPANJANG DILUAR JAW




A


Foto : Untung Sarwono/Humas Pemprov Sumsel







Satu lagi Mega Proyek Infrastruktur akan dibangun di Sumatera Selatan, yaitu berupa pembangunan Jalan Tol sepanjang 137 Km dari Kayu agung Ogan Komering ilir hingga Betung Banyuasin, yang merupakan Tol terpanjang diluar Jawa dan Tol kedua di Sumatera setelah Sumatera Utara.
Hal itu terungkap ketika ditandatanganinya Head of Agreement (HoA) antara Charman Markmore Labuan Ltd Datok Tansri Halim bin Saat dengan Direktur Perusahaan daerah (PD) Prodexim Muchlis, Kamis (4/8) di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) jalan Gatot Subroto jakarta.
Penandatanganan HoA itu sendiri disaksikan oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Bupati OKI H Ishak Mekki dan Bupati Banyuasin H amiruddin Inoed serta Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis.
Dalam sambutanya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan Pembangunan Jalan TOl sepanjang 137 Km ini akan menelan biaya antara 7 hingga 8 Triliyun rupiah, dan pembangunanya akan dilaksanakan oleh PT Sriwijaya Markmore Persada yang merupakan kerjasama antara Markmore Labuan Ltd sebuah Perusahaan dari malaysia dengan PD Prodexim. Oleh karena itu ALex berharap kepada Pemerintah Pusat melalui BKPM agar dapat memberi dukungan dalam bentuk bantuan penyelesaian perizinan agar pelaksanaan pembangunan jalan Tol ini bisa segera dimulai.Masih menurut Alex Launching Pembangunan Jalan Tol ini nantinya menurut rencana akan dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri malaysia pada 10 November 2011 mendatang, satu hari menjelang pembukaan Seagames ke XXVI. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang saat itu didampingi Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Prov Sumsel H Eddy Hermanto dan Staf Khusus Gubernur Bidang Percepatan pembangunan Emir Sanaf serta Ketua DPRD Sumsel Wasista Bambang Utoyo, lebih lanjut merincikan pembangunan jalan Tol sepanjang 137 Km itu adalah Kayu AGung-Jakabaring (Jalan Lingkar PAalembang) sepanjang 37 Km, sedangkan Jakabaring-Alang Alang Lebar sepanjang 42 Km dan Alang Alang Lebar-Betung sepanjang 58 Km. Pada bagian lain H Alex Noerdin juga menjelaskan untuk pembangunan tahap pertama jalan Tol sepanjang 37 Km sudah bisa segera dilaksanakan, karena proses pembebasan lahanya telah selesai dan saat ini pihaknya tinggal menunggu soal perizinan.
Sementara itu Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan pihaknya akan mendukung sepenuhnya untuk proses pembangunan Infrastruktur Jalan di Sumsel termasuk proses perizinanya, hal ini menurutnya suatu keharusan karena ini adalah pembanunan buidang investasi yang juga merupakan tugasnya.
Azhar berjanji akan segera melaporkan Penandatanaganan HoA ini kepada Kepala BKPM Gita Wiryawan.
Ketika ditanya bentuk pembagian tugas dan permodalanya untuk pembangunan jalan tol ini Asisten Ekubang Eddy Hermanto menjelaskan akan dibahas dalam rapat lanjutan setelah penandatangan HoA ini dan Markmore Labuan Ltd ini dalam beinvestasi di bidang pembangunan infrastruktur jalan ini adalah yang pertama di Sumsel.
Penandatangan HoA itu juga dihadiri Ketua DPRD OKI Yusuf Mekki dan Ketua DPRD Banyuasin Agus Salam.

Tidak ada komentar: