Kamis, 25 Agustus 2011

Pelestarian Lingkungan Butuh Dukungan Masyarakat


Palembang:

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta menyatakan, upaya pelestarian lingkungan sulit direalisasikan apabila tidak mendapat dukungan semua pihak tidak terkecuali masyarakat.


“Masalah lingkungan hidup yang dihadapi pemerintah sepertinya sulit terselesaikan karena permasalahan ini juga dipacu oleh peningkatan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya dalam seminar lingkungan hidup bertemakan “Pohon Penyangga Kehidupan” di Gedung Pertemuan Jakabaring, Rabu (24/8) yang dihadiri anggota Komisi VII DPR RI Nazarudin Kiemas dan Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra.

Namun demikian, Hatta mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Indonesia salah satunya dengan menggiatkan penanaman pohon di berbagai daerah. “Kegiatan penanaman pohon bukan sekadar k “Justru kegiatan itu harus dijadikan bagian hidup kita. Apalagi lahan penghijauan dapat menekan efek rumah kaca,”katanya lagi.

Tak hanya itu, pemerintah juga kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan siswa sekolah dasar hingga sekolah menegah atas mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Sosialisasi penting dilakukan sejak dini kepada anak-anak kita. Mereka kita ajarkan bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan salah satunya dengan mengimbau jangan membuang sampah sembarangan,” tutur Hatta.

Terpisah, Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan, Pemkot Palembang sudah lama melaksanakan program kerja yang fokus membenahi lingkungan di kawasan Ibu Kota Sumsel dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanami puluhan ribu pohon.

“Pemkot Palembang sangat serius menciptakan lingkungan yang ramah dan bersih. Banyak program lingkungan hijau yang dicanangkan berjalan sesuai target di antaranya pengadaan angkutan ramah lingkungan.Kami juga meningkatkan anggaran untuk memelihara lingkungan,”ujarnya.


Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI Nazarudin Kiemas sependapat setiap peningkatan penduduk dan ekonomi berdampak pada lingkungan. “Kendati demikian, perlu ada tindakan konkret yang bisa menanggulangi keterpurukan lingkungan dengan merawat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup merupakan persoalan sosial yang dialami bangsa ini,”katanya. (sir)


Tidak ada komentar: