Rabu, 03 Agustus 2011

100 Hari Jelang Sea Games, Buka Bersama di Mesjid Agung

100 Hari Jelang Sea Games, Buka Bersama di Mesjid Agung





Kepsen foto: Menegpora Andi Malaarangeng dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin serta Ketua KONI/KOI Rita Subowo dan Ketua Inassoc Rahmat Gobel, Rabu (3/8) melakuukan Do'a bersma jelang 100 hari Pelaksanaan Seagames di Masjid Agung Palembang
Foto : Untung Sarwono/Humas Pemprov Sumsel









Palembang:
Acara doa dan buka bersama diikuti ribuan masyarakat Palembang dan sekitarnya digelar di Mesjid Agung, menandai 100 hari menjelang Sea Games XXVI, Rabu (3/8).
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Malarangeng, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Ketua KONI/KOI Pusat Rita Subowo, Direktur INASOC Rahmat Gobel, Ketua KONI Sumsel Muddai Madang dan pejabat teras Pemprov Sumsel serta tamu undangan hadir dalam acara ini.
Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyatakan, pembangunan venues di Palembang telah ditinjau oleh pejabat dari tingkat yang paling bawah sampai Presiden SBY. Dari semua peninjauan itu,semuanya menyatakan keyakinannya.
Diakui Gubernur, memangada masalah tapi tetap jalan terus. “Komitmen kita September semua selesai kecuali kolam renang yang mungkin awal Oktober tapi sebelum SEA Games dimulai sudah siap dan diuji coba. Dibanyak negara yang menjadi tuan rumah event serupa, besok mau pembukaan hari ini masih ngecat dan masih melakukan berbagai macam pekerjaan konstruksi,”pungkasnya
Menpora Andi A Malarangeng bersyukur atas persiapan yang berjalan baik yang dilakuksan selama ini. “Saat ini fokus persiapan terangkum dalam tiga poin besar yaitu persiapan sarana dan prasarana, penyelenggaraan SEAG yang merupakan wewenang INASOC, kemudian yang tidak kalah penting adalah kesiapan atlet-atlet Indonesia untuk merebut juara SEA Games 2011,” ujarnya usai buka bersama.

Venues di Jakabaring,Palembang, sebagian sudah selesai dan sebagian lagi terus dilakukan. Insya Allah semua akan rampung pada waktunya. Awal September hampir semua venues di Palembang akan selesai. Begitupula di Jakarta, sehingga urusan venues selesai dan tidak ada kendala berarti.
“Untuk penyelenggaraan, disiapkan secara matang oleh INASOC,termasuk upacara pembukaan dan penutupan serta pelaksanaan pertandingan. Sejauh laporan yang diterimanya, persiapan penyelenggaraan berjalan baik dan standar internasional,” tambah mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Technical delegate dari SEA Games council dan pengurus besar cabang olahraga serta pengurus cabor dari negara peserta sudah berkunjung ke Palembang dan Jakarta untuk melihat venues. “Mereka puas melihat hasilnya,” katanya.

“Prestasi atlet, diserahkan sepenuhnya kepada Satlak Prima dan berbagai program ke arah itu sudah berjalan. Berbagai try out sudah dilaksanakan dan semua cabor sudah memiliki road map untuk mencapai hasil maksimal yaitu medali emas di SEA Games nanti,” paparnya.

Terkait tambahan dana yang diperoleh Kemenpora sebesar Rp 700 miliar dari Rp 1,1 triliun yang diajukan di APBN Perubahan 2011, Andi menyatakan dana itu harus dipergunakan maksimal.

Bahkan Kemenpora langsung berkoordinasi dengan INASOC mengenai alokasi penggunaan dana tersebut. Dana itu terutama untuk penyelenggaraan dan INASOC sudah punya hitungan mana yang harus dihemat dan mana anggaran yang di-breakdown. Kekurangan anggaran yang dibutuhkan tersebut, diharapkan bisa ditutupi dengan berbagai penghematan dan pihak sponsor.(sir)

Tidak ada komentar: