Kamis, 25 Agustus 2011

Lonjakan Penumpang Bukan Hanya di Darat

Palembang:

Lonjakan penumpang di Pelabuhan Boom Baru yang mengangkut penumpang dari Bangka–Palembang dan Batam–Palembang atau sebaliknya terus mengalami peningkatan.

Kepala Unit Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru A Hoiling mengatakan,pada H-4 Lebaran, jumlah penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan yang melalui Pelabuhan Bom Baru masih bisa dibilang sedikit. Untuk itu, pihaknya masih mengoperasikan dua kapal cepat Sumber Bangka dan dua kapal cepat Ekspres Bahari dengan satu kali keberangkatan.

Namun,melihat sudah adanya peningkatan penumpang, pihak pelabuhan akhirnya mengoperasikan dua kapal tambahan yang sekarang jumlahnya menjadi enam kapal cepat, yaitu Ekspres Bahari 5, 8, dan 9, ditambah Sumber Bangka 6,7 dan 8. “Jika nantinya keenam kapal yang dioperasikan overkapasitas karena lonjakan penumpang yang terus terjadi, kami sudah siap kembali melakukan penambahan kapal cadangan,” ujar Hoiling, Sabtu pagi (27/8).

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Dermaga Boom Baru AKP I Ketut Kantun mengungkapkan, hingga H-3 Lebaran, kondisi arus mudik di pelabuhan Boom Baru masih terbilang normal. Kendati terus adanya peningkatan jumlah penumpang, jumlahnya tetap masih bisa dikontrol.

Pihaknya juga memprediksi, dari pengamatan di Pos Pengamanan Operasi Ketupat 2011 di Pelabuhan Boom Baru, kemungkinan besar lonjakan penumpang terjadi 28 Agustus.

Begitupun di Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang. Pantauan, penumpang berdesak-desakan dan antri sejak subuh untuk mendapatkan tiket jurusan Lubuklinggau ataupun Lampung.
Pihak PT KA telah menyiapkan gerbong tambahan. Jika penumpang memang melebihi kapasitas mereka menyiapkan kereta sapu jagat. Selain itu, untuk memberikan rasa aman, personel Brimob diterjunkan di setiap kereta yang berangkat.

Parkir Inap
Terpisah, pada H-1 Lebaran, kapasitas parkir inap di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II diprediksi meningkat hingga dua kali lipat.

“Jika saat ini parkir inap Bandara SMB II hanya mampu menampung sekitar 40 kendaraan roda empat, pada H-1 Lebaran nanti diperkirakan akan ada peningkatan jumlah kendaraan hingga 80 unit,”ujar General Manager Angkasa Pura II Yon Sugiono kemarin.

Kendati lokasi parkir inap pada hari raya nanti melebihi kapasitas, pihak parkir bandara telah mengantisipasinya dengan menempatkan mobil-mobil yang hendak diparkirkan selama Lebaran ke Kantor Pusat Angkasa Pura yang dijaga satpam 24 jam.

“Untuk pergi ke rumah sanak saudaranya di luar Sumatera, masyarakat lebih memilih naik mobil ke bandara dan menitipkan di bandara. Hanya dengan pembayaran sekitar Rp50.000 lebih per dua hari, mobil mereka sudah dirasa aman dibanding diinapkan di rumah mereka yang saat ini kosong,”katanya.

Yon mengakui, permasalahan parkir selalu ada tiap tahun menjelang Lebaran hingga puncak Lebaran.Semakin tingginya minat pemilik kendaraan yang lebih memilih menitipkan mobilnya di bandara, pihak bandara akan melakukan renovasi maksimal terhadap lokasi parkir yang ada saat ini.

“Rencananya pada 2012 akan dilakukan renovasi daya tampung parkir inap tersebut, dengan memperluas sekitar 80% dari luas sekarang. Dengan begitu, nantinya tahun depan parkir inap mampu menampung hingga 120 kendaraan, sehingga tidak akan lagi overkapasitas seperti Lebaran tahun ini,” jelasnya. (sir)


Tidak ada komentar: