Selasa, 07 Februari 2012

Mapolda Sumsel Terbakar



Palembang:

Salah satu ruang Bagian Min Opsnal Direktorat Sabhara Polda Sumsel, Selasa (7/2) sekitar pukul 15.30 WIB, terbakar.Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi kebakaran sempat membuat para pejabat teras Polda Sumsel dipimpin Wakapolda Brigjen Pol Ahmad Nasution turun ke tempat kejadian peristiwa (TKP).


Api baru bisa dipadamkan sekitar 15 menit setelah satu mobil Unit Rantis Polda Sumsel berhasil menyemprotkan air ke arah kebakaran api.Pascakebakaran tampak tiga ruang Bagian Opsnal Direktorat Sabhara porak-poranda, tapi hanya ruang Kasubagmin Ops Kompol Sugeng Sardjaj yang seluruh isinya habis dilahap si jago merah. Diduga penyebabnya dari arus pendek listrik di ruangan tersebut.
 

Menurut pengakuan tukang parkir di bagian belakang halaman Polda Sumsel,Samid, 58,dia tidak tahu persis api dari mana.Pasalnya, saat api mulai berkobar,dia sedang sibuk menyapu.” Saya baru tahu ada kebakaran waktu ada orang berteriak asap-asap dan kebakaran- kebakaran. Lalu saya lihat api mulai membesar keluar dari ruang tengah dan banyak orang berlarian dari lantai atas ruang R Sukamto, lalu barulah mobil Unit Rantis digerakkan untuk memadamkan api,”ungkap Samid di Polda Sumsel kemarin sore.
 

Terpisah,Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Ahmad Nasution membenarkan adanya kejadian tersebut. ”Hanya satu ruang yang terbakar, tapi sudah bisa cepat dipadamkan pakai mobil Rantis kita.Tak ada korban jiwa,hanya barang-barang seperti komputer dan sejumlah arisp atau buku laporan jadwal patroli dan pembinaan personel,” ungkap Ahmad di TKP.
 

Saat kejadian,jenderal bintang satu ini menambahkan, banyak pegawai sudah pulang kerja dan yang tinggal hanya beberapa anggota yang piket. “Jadi tidak terlalu banyak orang di ruangan saat kebakaran terjadi.Perlu diketahui bahwa yang terbakar hanya satu ruangan berukuran 2 x 5 meter. Sedangkan,dua ruang lain memang disengaja dipecahkan kacanya atau dijebol guna memadamkan api di ruang yang terbakar,”kata Wakapolda.
 

Disinggung apakah ada sanksi bagi anggota yang diduga lalai, dia belum bisa mengatakan ada atau tidak karena sedang menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut Bidang Propam dan Labfor Polda Sumsel.
 

“Namun,kita akan memanggil anggota yang piket saat itu guna mengetahui penyebab asal api. Apakah ada faktor kelalaian atau tidak, itu nanti tunggu hasil penyelidikan lebih lanjut,”katanya.
 (sir)

Tidak ada komentar: