Selasa, 27 Januari 2009

Muri untuk sekolah dan berobat gratis

Dua Rekor Muri untuk Berobat Gratis dan Sekolah Gratis di Sumsel

Palembang:
Dua program yang dilaksanakan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mendapat anugerah Museum Rekor Indonesia (MURI). Penyerahannya dilaksanakan bertepatan peluncuran Program Berobat Gratis kemarin.
Rekor MURI yang dianugerahkan kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin adalah program berobat gratis pertama di Indonesia dan pemberian Rekor MURI untuk pemenuhan janji politik yang tercepat dilakukan Gubernur Sumsel terpilih Alex Noerdin dalam 81 hari sejak dilantik, 7 November 2008.
Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, bukan soal rekor MURI yang penting tetapi bahwa program berobat gratis adalah yang pertama kali dan ditujukan untuk meringankan beban masyarakat.
Menurut Alex, saat ini Program Berobat Gratis masih perlu disosialisasikan. Petugas kesehatan dinilai belum seluruhnya mengetahui apalagi rakyat yang berada di pelosok.
Ditambahkan bahwa mulai tanggal 28 Januari 2009, prosedur dan mekanisme berobat gratis digalakkan diseluruh Provinsi Sumsel.
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, kemarin me-launching program Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta alias berobat gratis bagi seluruh warganya.

Sejumlah pejabat dari pusat hadir, mulai dari Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari, Ketua DPR RI Agung Laksono, dan Wakil ketua MPR RI HM Aksa Mahmud.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin SH meminta seluruh pimpinan media cetak dan elektronik baik lokal maupun nasional mengawal program tersebut agar berjalan dengan baik.

“Tentunya, karena ini baru pastilah masih ada sejumlah kendala di lapangan. Seiring waktu, berbagai masalah itu akan kita perbaiki,” kata gubernur dalam acara tatap muka denganm beberapa pimpinan media cetak nasional dan daerah di Selebrity Café, tadi malam.

Menurut gubernur, untuk bisa melaunching program berobat gratis ini saja, perlu kerja keras. Sebab, harus menyamakan persepsi 15 bupati/walikota dan meyakinkan anggota dewan di tiap daerah. “Nanti, akan ada tim audit yang melakukan audit tiga bulan sekali. Tujuannya, mencegah mark up jumlah pasien dan penyimpangan lainnya.”Di sisi lain, gubernur yakin tidak akan terjadi eksodus penduduk dari luar Sumsel ke Sumsel agar bisa berobat gratis. Khusus kesiapan dana, ia meminta puskesmas ataupun rumah sakit umum daerah (RSUD) yang menjadi rujukan tidak perlu khawatir. Tahap awal, dana klaim tiga bulan telah ditransfer ke nomor rekening tim pengelola kabupaten/kota.

Paulus Pangka SH, senior manager project MURI mengatakan, Gubernur Sumsel akan mendapatkan dua rekor MURI atas prestasinya. “Pertama untuk pemenuhan janji politik tercepat 81 hari setelah terpilih. Yang kedua berhasil menerapkan program berobat gratis bagi seluruh warganya hingga membawa Sumsel sebagai provinsi pertama yang melaksanakan program itu di Indonesia,” tukas Paulus.

Sekadar diketahui, launching berobat gratis dilakukan kemarin di Taman Nusa Indah, bawah Jembatan Ampera, Seberang Ilir, Palembang. Sebanyak 200 personil gabungan TNI, Polri, Pol PP maupun Dishub akan mengamankan jalannya acara.

Melalui program ini semua penyakit bisa diobati dan mendapat layanan. Kecuali yang bersifat kosmetika seperti memancungkan hidung, membuat lesung pipi . (sir)

Tidak ada komentar: