Rabu, 07 Januari 2009

Parpol di Pilpres 2009

Parpol Persiapkan Saksi Khusus

Palembang:

Antisipasi kecurangan saat penghitugan suara para Pemilu mendatang, parpol peserta pemilu mmpersiapkan saksi khusus meski harus menanggung biaya yang cukup besar..


Parpol memang membutuhkan dana hingga miliaran rupiah untuk membiayai saksi di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Selatan (Sumsel), sudah mengantisipasi ini dari awal. Karena tidak ditanggung DPP, diupayakan dananya diperolah DPD dari berbagai sumber. Termasuk, sumbangan caleg.

Partai berlambang banteng moncong putih ini paling tidak harus mengeluarkan dana Rp6 miliar untuk membiayai 30.000 saksi di setiap TPS. Pengadaan saksi dari tiaptiap parpol di TPS dinilai sangat penting untuk menjaga hasil perolehan suara dari kecurangan- kecurangan yang dikhawatirkan terjadi di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Wakil Ketua DPD PDIP Sumsel M Aliandra Gantada mengatakan, secara rinci pihaknya belum dapat menyampaikan berapa besaran dana yang dibutuhkan PDIP untuk pengadaan saksi-saksi di tiap TPS pada Pemilu 2009 ini.

Namun, dari pengalaman pemilihan langsung kepala daerah (pilkada) di sejumlah kabupaten/kota di Sumsel serta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel lalu, setidaknya dibutuhkan dana Rp6 miliar untuk akomodasi dan uang saku saksi-saksi dari PDIP.

“Itu sudah kebutuhan standar. Dua saksi untuk tiap TPS yang tersebar di seluruh Sumsel, termasuk uang saku mereka,” ujar Gantada yang juga Ketua Komisi III DPRD Sumsel ini Selasa (6/1).

Biaya pengadaan saksi ini pun telah diputuskan tidak akan ditanggung DPP dan menjadi tanggung jawab DPD. Untuk itu,pihaknya bakal membicarakan masalah ini terlebih dulu dengan DPCDPC PDIP di Sumsel berikut calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP yang akan maju pada Pemilu 2009 di dapil Sumsel nantinya. Partai selanjutnya akan mengoordinasi besaran jumlah sumbangan dana yang diminta dari tiap-tiap caleg.

Terpisah, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Sumsel Syaiful Islam mengatakan, PD malah menyiapkan jumlah saksi lebih banyak untuk tiap TPS.“Partai Demokrat akan menempatkan setidaknya tiga saksi di tiap-tiap TPS nantinya,” ujar Syaiful di DPRD Sumsel.

Selain itu,DPD PD Sumsel akan menyiapkan tim khusus yang akan merekam seluruh kertas hasil perhitungan suara di tingkat PPS menggunakan kamera foto untuk meminimalisasi terjadinya penyimpangan suara yang dilakukan pihak-pihak lain. (sir)

Tidak ada komentar: