Jumat, 10 Oktober 2014

Satu Suara Perolehan Parpol Dibantu Rp 504



Palembang, Musi Pos
Satu suara perolehan hasil pemilu legislatif yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel akan mendapat bantuan Rp 504. Hal itu dikatakan oleh, Yusnin Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sumsel, Jumat (10/10).

“Ada 11  partai politik (Parpol) yang akan menerima bantuan dari pemerintah, syaratnya yang ada perwakilannya di DPRD,” jelasnya.

Menurut dia besaran bantuan partai politik itu berbeda-beda tergantung perolehan suara hasil pemilu legislatif, 2014 – 2019

“Berbeda-beda bantuan ke parpolnya tergantung perolehan suaranya, per satu suara, sekitar limaratus rupiah. Jadi, dikalikan saja berapa jumlah suara yang diperoleh partai tersebut,” tambahnya

Dia menambahkan, pengambilan dananya nanti tergantung parpol itu itu sendiri mau diambil per tahun atau perlima tahun.

Parpol di Sumsel yang  berhak mendapat bantuan ada 11 Parpol. Kelima parpol itu Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PDI Perjuangan, PBB, Hanura, PKS, PKB, PPP, dan Nasdem. Sedangkan peserta pemilu 2014 yang tidak mendapat bantuan adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).
  
Nacung Tajudin, pemerhati masalah sosial politik di Sumsel, mengatakan, seharusnya partai politik idealnya tidak perlu dibantu

“Karena setiap parpol , dalam AD/ART itu sudah ada iuran dari anggota, untuk apa kesbangpol membantu mereka, lebih baik berikan ke yang lain saja,” ujar Nacung, Jumat (10/10).
Menurut dia, uang yang selama ini diberikan kepada partai politik  tidak tepat, lebih baik alihkan saja untuk pembangunan fasilitas umum yang langsung bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas.

“Perlu diingat, masyarakat sekarang sudah banyak muak dengan para tingkah lalu politikus-politikus, kenapa masih dibantu,”tutupnya. (sir)




Tidak ada komentar: