Jumat, 12 Oktober 2012

Kodam Segera Perbarui Alusita

Kodam Segera Perbarui Alutsista


Palembang:

Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya Mayjen TNI Nugroho Widyotomo mengatakan, pada November,modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) Kodam II/SWJ akan dilakukan.

Alutsista, seperti tank berat leopard, pesawat takstis, roket, meriam dan lainnya, akan datang dan siap menggantikan persenjataan sebelumnya. “November mendatang alutsista baru masuk ke Kodam II/Sriwijaya, baik leopard, roket, pesawat,maupun meriam. Seluruh satuan, termasuk infanteri alutsistanya, akan baru semua,” ujarnya seusai memimpin upacara HUT Ke-67 TNI di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Jumat (5/10). Dia menuturkan, untuk menghadirkan persenjataan baru dan modern,TNI memerlukan perjuangan yang berat.

“Tidaklah mudah memodernisasi alutsista di tubuh TNI,harus melalui perjuangan panjang karena kita menyadari kemampuan negara menyediakan anggaran untuk memperbaharui persenjataan,” katanya. Kendati alutsista yang dimiliki baru,Nugroho mengatakan, TNI masih memerlukan kerja sama dengan seluruh komponen bangsa guna mendukung TNI disegani dan mampu berkiprah di kawasan regional. Dengan begitu, kedaulatan Indonesia terjaga baik tanpa harus ada gangguan dari luar.

“Kita mengharapkan dukungan seluruh pihak agar TNI setara dengan tentara di kawasan regional dan patut diperhitungkan,”ungkap dia. Mengenai kondisi keamanan Sumsel dan sekitarnya, menurut dia, masih relatif aman.“Saat ini kondisi Sumsel dan sekitarnya kondusif. Namun, kita harus waspada karena Sumsel bisa menjadi pelarian atau tempat-tempat oknum melakukan persiapan aktivitas membahayakan negara,” katanya. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan,TNI harus mampu mengayomi masyarakat seperti moto yang selama ini dijunjung tinggi, yakni TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat.

“Kita berharap TNI semakin jaya dan mampu mengayomi masyarakat. Contohnya soal kedisiplinan dan ketertiban yang harus menjadi contoh kita semua,terutama pegawai negeri sipil (PNS),”kata dia. Mengenai alutsista TNI yang semakin modern, Alex berharap TNI dapat menjaga kedaulatan bangsa dari gangguan luar.“Alutsista yang dimiliki saat ini hampir sebagian besar baru, dan itu sangat baik untuk TNI agar mampu dan tetap menjaga kedaulatan bangsa Indonesia,” pungkasnya.
Upacara ini diikuti para anggota TNI di Kodam II Sriwijaya, dihadiri Muspida. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin tampak hadir menyaksikan atraksi yang ditampilkan menyemarakkan HUT TNI. (Sir)



Tidak ada komentar: