Rabu, 24 Oktober 2012

Sumsel Berhasil Berdayakan Perempuan 




PALEMBANG - Sumatera Selatan (Sumsel), dinilai berhasil dalam pemberdayaan hidup perempuan dan perlindungan anak.

Penilain itu disampaikan Ketua Komisi F DPR Nagroe Aceh Darusallam (NAD), H. M. Yunus Ilin, SE. MSI dalam studi banding mengenai Kualitas Hidup Perempuan dan Perlindungan Anak di Pemrov Sumsel, Rabu (24/10) di ruang rapat Bina Praja.

“Sumsel, salah satu provinsi di Indonesia yang kita nilai berhasil dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," jelas H. M. Yunus.

Ia menyebut, salah satu bentuk keberhasilan Sumsel dalam pemberdayaan perempuan misalnya dibidang pemerintahan. Saat ini jelasnya, banyak pejabat eselon II di Pemprov Sumsel, yang diduduki perempuan.

Ia memberikan apresiasi dengan kebijakan yang dijalankan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang banyak memberikan kesempatan dan peluang untuk kaum perempuan untuk menjadi pemimpin.

"Kebijakan Gubernur Sumsel itu, sangat kami apresiasi. Bagi kami, itu adalah bentuk keberhasilan Sumsel dalam pemberdayaan perempuan. Ini yang ingin kami pelajari di Sumsel, untuk diterapkan di NAD," imbuhnya.

Dalam dialog dan tukar pendapat serta pengalamman itu, yang dihadiri oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Sumsel, Drs. H. Ahmad Najib, SH, HUM ini, juga membahas tentang perlindungan serta pemberdayaan perempuan terutama tentang trafficking, bagaimana pemberdayaan perempuan, masalah keadilan dan kesetaraan gender, HIV/AIDS, narkoba di kalangan remaja dan lainnya.

Sementara itu Asisten Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Drs. H. Ahmad Najib, SH, HUM mengatakan, mengungkapkan bahwa Pemprov Sumsel berkomitmen penuh dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender termasuk perlindungan dan kesejahteraan anak dalam kehidupan bermasyarakat.

"Karenanya kita berupaya program pemberdayaan perempuan agar teralokasi di seluruh dinas/instansi,"ujarnya seraya menerangkan dari data, jumlah penduduk Sumsel. pada Desember 2011, tercatat sebanyak 8.492.429 jiwa yang tediri dari 4.342.984 orang Laki-laki dan 4.149.445 orang perempuan. (REL)

Tidak ada komentar: