Rabu, 17 Oktober 2012

Masyarakat Pali Tekad Menangkan Kembali Alex Noerdin




SURYA telah tegak lurus persis di atas ubun-ubun, sengatnya mulai membakar kulit, namun tetap membuat bergeming sekitar 5000 warga dari lima kecamatan di wilayah Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Selasa (16/10) siang itu. Bahkan tidak sedikit dari ribuan warga tersebut yang sejak pagi sudah tumplek di tenda lapangan Desa Air Itam Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim menanti sang idola.

Sejenak kemudian hujan rintik mulai turun dan tepat pukul 13.30 WIB tokoh yang ditunggu tiba, gemuruh sorak massa memadati tenda di lapangan sepakbola itu menambah semarak suasana kedatangan Alex Noerdin, Eliza Alex serta rombongan. Dengan senyum dan lambaian tangan Alex membuat massa yang terdiri dari anak-anak, remaja, serta orang tua baik itu perempuan dan lelaki bertambah antusias.

Betapa tidak, sosok Alex memang tidak asing bagi warga dan sudah sukses mereka dukung saat Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) 2008, ketika itu sekitar 80% pemilih di kawasan tersebut mencoblos pasangan Alex-Eddy sehingga mengantarkan keduanya sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumatra Selatan (Sumsel).  ‘’Hidup Alex, hidup Muzakir (Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar),’’ teriak massa saling bersautan.

Kali ini harapan itu kembali mencuat, karena mereka yakin tidak salah pilih. Buktinya, hampir empat tahun Alex Noerdin memimpin Sumsel mayoritas kebijakkannya telah menyentuh dan dirasakan rakyat, khususnya program dasar yang dibutuhkan masyarakat pendidikan dan kesehatan gratis.


=====
Karenanya, wajar kalau ribuan warga  yang berasal dari lima kecamatan di Pali ini pun  meminta Alex Noerdin agar mencalonkan kembali sebagai gubernur Sumsel kedua kalinya.
Keinginan ini disampaikan perwakilan warga dalam penyataan sikap. Dalam penyataan sikapnya tersebut, warga juga mendukung Muzakir Sai Sohar untuk menjadi Bupati Muara Enim kedua kalinya.

“Kami  memandang Pilkada DKI yang dimenangkan Jokowi merupakan kesempatan bagi Alex Noerdin untuk memimpin Sumsel kembali. Kami memang mendoakan agar Alex Noerdin bisa menjadi gubernur kedua kali di Sumsel,” ujar tokoh masyarakat Pali, Dahlan AR.

Dukungan ini disampaikan dalam bentuk pernyataan sikap yang dibacakan dalam kesempatan kunjungan tersebut. “Apalagi, dalam pilkada 2008 lalu,   di Air Itam Alex Noerdin memperoleh 80% suara. Dari 71 desa yang berasal dari lima kecamatan, yakni  Talang Ubi, Abab, Tanah Abang, Penukal Utara, dan Penukal  memang kami mayoritas mendukung Alex Noerdin yang ketika itu berpasangan dengan Eddy Yusuf,” tambah Bachrie Rasyid, tokoh masyarakat yang lainnya.

Atas dukungan yang diberikan, warga tidak minta apa-apa. Meskipun Alex Noerdin ketika itu memberikan kesempatan untuk menyampaikan apa yang diinginkan warga. “Silakan ajukan apa permintaan bapak-bapak dan ibu-ibu,” kata Alex memberi kesempatan warga untuk mengutarakan aspirasinya.

“Kami hanya minta agar penunjukan carateker Bupati Pali nanti adalah putra daerah Air Itam asli. Selain itu, kami juga minta agar pemerintah bisa memperhatikan listrik yang sering mati, terkadang sore, magrib, dan subuh,”  katanya.

 "Kami menderita Pak, kadang untuk menghidupkan tivi pun listriknya tak bisa. Belum lagi, sering mati. Untuk itu kami mohon agar tegangan listriknya bisa ditambah sehingga aktivitas bisa berjaan normal dan hidup kami bisa lebih nyaman, " tambahnya.

"Kami yakin, Pak Alex akan mampu membawa Sumsel lebih baik lagi. Karenanya, kami siap mendukung agar dibawah kepemimpinan Pak Alex, Sumsel mencapai cita-citanya menuju Sumsel gemilang," tambah Bahrie Rasjid.

Berbagai program yang menyentuh rakyat telah mereka rasakan. "Terutama sekolah gratis dan berobat gratis, tidak diragukan lagi," tuturnya yang disambut aplaus warga.

Saat kunjungan itu pun, beberapa kali listrik mati dan menyala kembali. Sehingga membuat Alex Noerdin pun mengetahui secara langsung bahwa memang listrik di daerah tersebut memang sering kali mati.

“Saya menyadari kondisi ini, padahal Sumber daya alam (SDA) di Muaraenim khususnya Pali  begitu besar. Seperti batubara dan coal beat metan (CBM), namun ternyata listrik masih mati terus. Makanya kita akan bangun sendiri pembangkit di daerah ini,  sehingga listrik bisa dinikmati secara baik,” janji gubernur.

Soal carateker, Gubernur juga menjanjikan saatnya nanti akan menunjuk putra daerah sesuai  keinginan masyarakat. “Saat ini saja sudah ada beberapa putra daerah dari Air Itam yang memegang jabatan penting di Pemprov Sumsel,” tambah  Alex Noerdin.

"Pak Alex siapa yang punya,
Pak Alex siapa yang punya,
Yang punya kita semua”

Sebait lagu bertajuk Pramuka Siapa Yang Punya diplesetkan sekitar 5000 warga terdengar menyambut dan melepas Alex Noerdin dan rombongan.







Tidak ada komentar: