Sabtu, 02 Juli 2011

Presiden SBY Buka Jamnas IX di OKI


Pembukaan Jamnas IX di Telukgelam, OKI. (foto: Untung, Humas Pemprov)










Pembukaan Jambore Nasional IX Pramuka di OKI

Kayuagung:
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, membuka Jambore Nasional IX, di Bumi Perkemahan Danau Telukgelam, Kabupaten Ogan Komring Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Sabtu (2/7) pukul 15.30 WIB.

Presiden, selaku pembina upacara, membuka jambore pramuka ini dengan menekan sirine dan pengalungan tanda peserta jambore kepada perwakilan pramuka penggalang. Dalam kesempatan ini Presiden SBY juga menandatangani Sampul Peringatan Seri Jambore Nasional IX tahun 2011.

Jambore Nasional (Jamnas) merupakan perkemahan besar bagi anggota pramuka Penggalang yang dilaksanakan 5 tahun sekali. Jamnas menjadi wahana pendidikan yang strategis untuk mengembangkan wawasan, memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta latihan kepemimpinan.

Jamnas 2011 diikuti 18 ribu pramuka dari 33 provinsi se-Indonesia. Ada pula peserta dari Malaysia dan Singapura sebanyak 100 orang. Jamnas bertemakan 'Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang'.








Petugas menaikkan bendera saat pembukaan Jamnas IX di Teluk Gelam, OKI, Sumsel.









Pembukaan Jamnas IX di Telukgelam, OKI. (Foto Untung, Humas Pemprov)

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengatakan, tujuan Jamnas kali ini untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang. Mereka juga diharapkan memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengalaman kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

"Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, terbinanya tali persaudaraan dan ikut serta membangun jati diri bangsa," kata Azrul Azwar dalam laporannya.


PALEMBANG, 2/7 - JAMNAS PRAMUKA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyematkan tanda pengenal pada peserta tanda dimulainya Jambore Nasional Pramuka Penggalang, di Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, Sabtu (2/7). Sebanyak 18 ribu pramuka penggalang dan 100 pandu luar negeri mengikuti perkemahan di Teluk Gelam. FOTO ANTARA/Nila Fu'adi/ed/ama/11










Sementara itu, Presiden SBY dalam sambutannya mengatakan, berbaurnya pramuka Penggalang dari seluruh tanah ai merupakan wujud nyata dari Bhineka Tunggal Ika. Tema Jamnas 2011 juga memiliki makna yang amat dalam. "Bersatu teguh menjadi pendorong tekad bagi anak-anak sekalian untuk lebih bersatu padu menggelorakan semangat dan siap berjuang menunjukan Indonesia yang gemilang," ujar Kepala Negara.

Masa depan Indonesia terletak di tangan pemuda seperti mereka. "Karena itu tanamkan tema itu dalam dada kalian, jadilah generasi muda bangsa, pelopor dan pembaru masa depan. Songsong masa depan Indonesia Raya yang gilang gemilang," Presiden SBY mengingatkan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam sambutannya yakin banyak dampak positif dari pertemuan akbar Pramuka Penggalang kali ini. "Di sini generasi muda akan mengasah potensi spiritual, sosial, intelektual, dan fisik melalui berbagai kegiatan agar ke depan mereka bisa menjadi sosok yang berkarakter, patriot, dan cinta tanah air, serta mempunyai keterampilan dan kemandirian yang membuat mereka siap ketika mesti terjun ke masyarakat," ujar Alex Noerdin.

Usai membuka Jambore Nasional IX, Presiden SBY yang juga merupakan Ketua Mejelis Pemimpin Nasional Pramuka meninjau lokasi perkemahan Jamnas 2011 yang berjarak 2,5 km dari lokasi upacara.

Turut mendampingi Kepala Negara dalam acara ini, antara lain, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkominfo Tifatul Sembiring, dan Menpora Andi Alifian Mallarangeng.


PALEMBANG, 2/7 - JAMNAS PRAMUKA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri), didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (tengah) dan Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Azrul Azwar (kanan) menekan tombol tanda dimulainya Jambore Nasional Pramuka Penggalang, di Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, Sabtu (2/7). Sebanyak 18 ribu pramuka penggalang dan 100 pandu luar negeri mengikuti perkemahan di Teluk Gelam. FOTO ANTARA/Nila Fu'adi/ed/ama/11


Bill Clinton

Dalam Upacara pembukaan Jamnas IX, berperan sebagai pembina upacara Presiden SBY. Sementara sebagai komandan upacara, Bill Clinton. Tapi yang bersangkutan bukanlah mantan Presiden Amerika.

“Wah, baru kali ini Presiden Indonesia membawahi mantan Presiden Amerika,” seloroh seorang peserta upacara, karena memang komandan upacara namanya sama persis dengan mantan Presiden Amerika.(sir)

Tidak ada komentar: