Selasa, 05 Juli 2011

Merpati Terbangi Palembang-Lampung




Gubernur Sumsel H Alex Noerdin didampingi Wakil Direktur Merpati Adi Gunawan,
Jum'at (8/7) meresmikan Jalur Penerbangan baru Merpati Palembang-Lampung di
Bandara SMB II Palembang

Foto : Untung Sarwono/Humas Pemprov Sumsel











Merpati Terbangi Palembang-Lampung

Palembang:

Merpati Nusantara Airlines, kemarin (Jumat, 8/7), mengoperasikan penerbangan perdana (Inaugural Flight) rute Palembang–Lampung menggunakan pesawat Modern Ark-60 (MA-60) berkapasitas 56 seat.

Sementara itu, Wakil Direktur PT Merpati Nusantara Airlines Kapten Andi Kurniawan menjelaskan, pesawat berpenumpang jenis MA-60 dapat terbang dengan kecepatan maksimal 514 km/jam ini berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, menuju Lampung.


Pesawat ini melayani rute penerbangan Lampung– Palembang (PP) satu kali penerbangan dalam seharinya. Andi menambahkan, dengan kecepatan tersebut, pesawat buatan China ini mampu mencapai ketinggian 7.620 meter.

Sementara untuk harga tiket rute penerbangan ini, Merpati Nusantara menjual Rp400.000–Rp600.000 untuk rute Lampung–Jakarta dan Lampung–Pa l e m b a n g . “Dengan pendaratan perdana ini, kami memiliki tekad dan usaha baru melayani masyarakat Palembang,”kata Andi.

Untuk itu, pihak Merpati Nusantara, menurut Andi, sangat membutuhkan kerja sama yang baik dari masyarakat Palembang khususnya dan Sumsel pada umumnya, dengan harapan rute penerbangan baru ini dapat berkembang pesat ke depannya.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin bersama sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumsel, didampingi petinggi Merpati Musantara Airlines,secara simbolis meresmikan penerbangan perdana dari Bandara SMB II menuju Bandara Tanjung Karang,Lampung,tersebut.


Dengan demikian, masyarakat Palembang tak perlu lagi menghabiskan waktu delapan jam untuk perjalanan menuju Lampung dari Palembang menggunakan kereta api.

“Ini suatu indikasi yang sangat menggembirakan dan positif bagi Sumsel. Mari kita jaga bersama tren positif ini,” ujar Alex saat peresmian Inaugural Flight rute Lampung– Palembang, pergi pulang (PP), di ruang Sultan Longe,Bandara SMB II Palembang, kemarin.

Selain itu, Alex juga meyakinkan pihak Merpati Nusantara Airline akan membantu memberikan fasilitas jika pihak perusahaan penerbangan hendak memulai rute penerbangan lainnya dari dan menuju Palembang.


Menurut Alex,sekarang sudah mulai dibuka rute penerbangan Palembang–Babel, Palembang–Bengkulu,Palembang–Bandung, dan Palembang–Jambi. Dibukanya berbagai rute penerbangan baru, dari dan menuju Palembang itu, menunjukkan kebangkitan perekonomian suatu daerah.


Karena itu, Alex juga berharap ke depan akan terwujud rute penerbangan pendek, dari Palembang menuju daerah kabupaten/kota lainnya di Sumsel. “Rute lebih pendek subsider, seperti Palembang–Lahat, Palembang–Tebing Tinggi, Palembang–Muaraenim.
Itu rute-rute pendek dengan pesawat kecil, yang akan kami wujudkan nantinya,” imbuh Alex. (sir)

Tidak ada komentar: