Minggu, 31 Juli 2011

Media Elektronik Nasional Siap Dukung Peliputan SEA Games

Media Elektronik Nasional Siap Dukung Peliputan SEA Games















Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Sabtu (30/7) bertemu dengan sejumlah Pimpinan Media Elektronik dalam acara Cofee Morning di Palembang

Foto : Untung Sarwono/Humas Pemprov Sumsel


Palembang

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin berharap media elektronik nasional dapat mengawal kesuksesan penyelenggaraan SEA Games XXVI November mendatang baik di Jakarta juga di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), demi citra baik Bangsa Indonesia. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel siap memfasilitasi kegiatan peliputan SEA Games di Sumsel.
Hal ini terungkap dalam coffee morning antara Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan pimpinan media elektronik seperti Direktur Utama dan Marketing delapan televisi nasional, di Hotel Aryaduta Palembang, Sabtu (30/7). Semula dilakukan perkenalan setiap pimpinan media, lalu diadakan diskusi mengenai persiapan dan hal lain terkait SEA Games, dalam pertemuan itu, Gubernur Alex didampingi Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel , dr H Aidit Aziz.
Gubernur Alex pertama-tama menyampaikan, sejarah Provinsi Sumsel berjuang mendapatkan tuan rumah, lalu bagaimana cara Sumsel membangun venues dan fasilitas pendukung SEA Games tanpa sepenuhnya menggunakan dana APBD Provinsi Sumsel, lalu mengenai cabor-cabor SEA Games di Sumsel dan lainnya. “Untuk mempermudah para media massa khususnya media massa elektronik, kita sudah siapkan media center di kawasan Jakabaring Sport City (JBC),” jelas dia.
Media center ini sambung Alex, berada di Gedung setinggi 17 lantai, yang juga akan menjadi tempat Sekretariat bagi seluruh negara peserta SEA Games , dan jika sudah selesai SEA Games akan digunakan sebagai Kantor Bank Sumsel Babel. “Kita usahakan, teknisnya nanti setiap media televisi nasional mendapat ruang khusus atau lantai khusus,” ujarnya.
Fasilitas pendukung di media center pun akan diadakan standar sebuah media center, dengan kapasitas kecepatan internet yang disediakan nanti mencapai 60 Mbps (megabyte per second), sehingga akan mumpuni untuk akses download, upload, browsing bagi para jurnalis media elektronik, dan tidak menghambat pengiriman berita, gambar atau video.
“PEmprov Sumsel akan siap memfasilitasi dan mendukung kelancaran peliputan kawan-kawan media di Sumsel salah satunya mengenai perizinan, tapi saya juga berharap, kawan-kawan media massa dapat turut menyukseskan SEA Games khususnya di Sumsel, melalui pemberitaan yang positif dan berimbang,” harapnya.
Sementara itu, salah satu perwakilan dari media televisi SCTV, Yeni mengatakan, secara prinsip pihaknya siap mendukung kegiatan SEA Games melalui peliputan-peliputan.
Senada, Dudi Hendra Kusuma dari ANTV juga mengatakan, pihaknya sudah memiliki spot khusus olahraga yang sudah sering memberitakan persiapan SEA Games khususnya di Sumsel. “Kita memiliki program lensa olahraga,” singkatnya.
Marketing Trans 7, Hadi mengatakan, selain liputan dan mengangkat berita-berita SEA Games, pihaknya juga berencana meliput wisata kuliner dan objek wisata di Sumsel melalui beberapa acara yang sudah ada.
Selanjutnya, setiap perwakilan stasiun televisi menyampaikan saran dan pertanyaan baik mengeni SEA Games dan Sumsel, dan dijawab langsung oleh Gubernur Alex.
Sedangkan, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumsel, Iwan Kesuma Jaya, mengatakan, pihaknya memang sengaja mempertemukan para petinggi media elektronik nasional dengan Gubernur Alex, untukmembahas segala macam tentang SEA Games, salah satunya terkait teknis perizinan dan lainnya.

Tidak ada komentar: