Kamis, 28 Juli 2011

Presiden Sayangkan Beberapa Gubernur Tak Hadiri Rakor Gubernur





Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jum'at (29/7) memberikan Pengarahan kepada peserta Rakor Gubernur se Wilayah Sumatera, dalam kesempatan itu Presiden juga meresmikan pelaksanaan pembangunan PLTU Mulut Tambang di Banjarsari Lahat melalui Tele Coference
Foto : Untung Sarwono/Humas Pemprov Sumsel












*Gubernur se-Sumatera Sepakat Bersinergi

Presiden Sayangkan Beberapa Gubernur Tak Hadiri Rakor Gubernur


Palembang:
Presiden SBY sayangkan tak hadirnya beberapa gubernur dalam Rapat Koordinator (Rakor) Gubernur se-Sumatera yang dibuka hari ini di Hotel Arya Duta Palembang.
"Untuk menunjukkan keseriusan mestinya para gubernur hadir langsung dalam kegiatan yang sangat penting ini," ujar SBY dalam sambutannya.
Dalam Rakor ini beberapa daerah hanya mengirimkan wagub, seperti Aceh, Lampung, dan Bangka Belitung. sementara Gubernur Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu dan Kep Riau hadir langsung.
SBY dalam sambutannya menyatakan bahwa negara Indonesia bisa dikatakan maju kalau bisa memenuhi kebutuhan dasar manusia. Seperti sandang, papan, pendidikan, kesehatan, kebutuhan energi, lingkungan, dan rasa aman.
Untuk itu, diperlukan perencanaan dan strategi yang pro pertumbuhan, pro penciptaan lapangan kerja, pro pengurangan kemiskinan, dan pro lingkungan.
Tiga Instruksi

SBY sampaikan intruksi khusus, pada tingkat dunia ada pergerakan harga yang tidak stabil minyak dan pangan. Kita masih tergolong moderat, minus. Harus mengambil langkah-langkah antisipasi. Ini merupakan kewajiban pemimpin, tidak boleh apatis. Dengan kebijakan, ikhtiar, dan antisipasi. Kalau memang operasi pasar, harus dilakukan.
Kedua, lakukan gerakan penghematan BBM dan listrik. APBN kita, yang meningkat 300%, diiringi meningkatnya subsidi. Kalau tidak tepat dan boros, harus ditekan.
"Kalau bisa dihemat, mari bersama-sama. Nanti akan dievaluasi daerah mana yang berhasil hemat mana yang tidak," tambah presiden.
Dan ketiga, menjelang lebaran, arus mudik, mari kita beri layanan dan lakukan pelayanan terbaik. "Hanya setahun sekali," katanya.
Sinergi

Gubernur se-Sumatera sepakat bersinergi membangun kawasan Sumatera menjadi maju dan terdepan.
Kesepakatan ini dinyatakan dalam nota kesepakatan yang ditandatangi dalam Rakor Gubernur se-Wilayah Sumatera Jumat pagi (29/7) yang dihadiri Presiden SBY di Palembang.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutannya menyatakan antara lain kesepakatan para gubernur se Sumatera, menetapkan prioritas unggulan, percepatan pembangunan, peningkatan jalan sumatera, masterplan pembangunan koridor sumatera, dan pembangunan sampai ke selat Malaka.

Dalam kesempatan ini Presiden SBY melalui video confrence meresmikan PLTU Mulut Tambang Banjarsari berkapasitas 2 x 110 MW di lahat. (sir)

Tidak ada komentar: