Kamis, 28 Juli 2011

LO Sea Games Dipangkas, Relawan Disiapkan

LO Sea Games Dipangkas, Relawan Disiapkan

Palembang:

Panitia yang bertugas merekrut Loison Officer (LO) untuk Sea Games XXVI sudah memastikan akan memangkas LO yang telah terdaftar.

Suparman Roman, Koordinator LO Inasoc Sumsel menuturkan pihaknya sudah mendapatkan perintah dari Inasoc pusat untuk mengurangi jumlah LO dari 750 mengerucut menjadi hanya 360 orang.

Terkait dengan itu, maka dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar seleksi ulang. Meski jumlah LO akan berkurang, Suparman memastikan pihaknya akan dapat bekerja secara professional karena mendapatkan tambahan dari 200 petugas dari Polisi wanita dan korps wanita angkatan darat (kowad).

Terpisah, Panitia penyelenggara Sea Games (Inasoc) XXVI/ 2011 Sumatra Selatan hingga kini sudah menyiapkan 4.270 relewan untuk diberdayakan dalam sejumlah kegiatan Sea games November mendatang.

Wakil direktur II Inasoc Pusat, Mudai Madang menyebut kebutuhan relawan masih sangat bergantung pada permintaan panitia. Namun di meminta agar relawan mendapatkan pelatihan yang memadai agar dapat bekerja secara maksimal.

Nantinya relawan akan bertugas di sejumlah venue, hotel dan bandara. Rozali Djailani, Koordinator Bidang Sumber daya manusia Inasoc Sumsel mengatakan kebutuhan relawan paling banyak diperuntukan bagi pemandu sorak di sejumlah arena pertandingan.

Ia mengatakan 2300 pelajar dan mahasiswa akan dibina menjadi pemandu sorak yang bisa memeriahkan suasana. Sementara itu untuk arena pertandingan dibutuhkan sekitar 1140 relawan.

Sisanya akan diperuntukkan di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II 110 orang, Parkir 200, Hotel/wisma 120, Informasi 60, Penggerek bendera 170 serta Pengalung mendali 170. “Kebutuhan ini masih mungkin berubah, bisa bertambah atau berkurang. tergantung kebutuhan yang sesungguhnya” ujar Rozali Kamis (4/8) di Palembang.

Para relewan berasal berasal dari beragam latar belakang disiplin ilmu dan institusi. Selain pelajar dan mahasiswa panitia juga merekrut relawan dari TNI, Polri, Petugas Parkir dan Satpam.

Rozali mencontohkan untuk pengaturan parker kendaraan pihaknya sudah merekrut relawan dari petugas parker yang sudah berpengalaman sementara relawan yang akan bertugas di hotel pihaknya merekrut mahasiswa dari lembaga perhotelan yang ada di Palembang. (sir)

Tidak ada komentar: