Jumat, 05 September 2008

pilkadagub sumsel

Lembaga Survey Tak Satu Pendapat, PDIP Klaim Sohe
Palembang

Pasangan H Syahrial Oesman-Helmy Yahya (Sohe) dan H Alex Noerdin-Eddy Yusuf (Aldy) masing-masing mengklaim menang dalam Pilgub Sumsel yang dilaksanakan kemarin.



Klaim itu mengacu pada hasil perhitungan cepat (quick count) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel periode 2008-2013 yang dilakukan lembaga survey berbeda menunjukkan hasil yang tidak sama.



Pusat Kajian Kebijakan & Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyimpulkan bahwa pasangan Syahrial Oesman-Helmy Yahya unggul sebesar 51,11 persen dari saingannya Alex Nerdin-Eddy Yusuf (Aldy) yang memperoleh angka 48,89 persen.



Menurut Ketua Puskaptis Husien Yazid keunggulan yang diperoleh Puskaptis berdasarkan sampling pada 15 kabupaten/kota di 60 kecamatan dan 120 desa dengan jumlah masing-masing TPS 5 yang ada di Sumsel.



“Jadi keunggulan ini berdasarkan sampling di 550 sampai 600 TPS,” kata Husien di Palembang kemarin. Menurut Husien Yazid margin eror dari penghitungan yang mereka lakukan sebesar 1 hingga 2 persen dengan jumlah pemilih golput sebesar 27-30 persen.



Sementara berdasarkan pemantuauan hitung cepat yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia, yang dipusatkan di hotel Novotel Palembang menunjukkan pasangan Aldy unggul 52,34 persen dan Sohe 47,66 persen. Angka ini dihitung dari 84 persen suara yang masuk.



Lembaga Survey ketiga, Lingkaran Survey Indonesia dan Jaringan Isu Publik (LSI JIP). Meski Ketuanya Deny JA tidak hadir saat jumpa pers, LSI JIP dalam hasil akhirnya mengumumkan pasangan Aldy mengungguli pasangan Sohe dengan perolehan 51,22% dan 48,78%. Data yang masuk menurut Setia Darma yang mewakili Denny JA, 99,25% dan ada tiga TPS yang belum melaporkan hasil penghitungannya dari 400 TPS yang dijadikan sample. Sehingga, lembaga ini memang tidak berani menyimpulkan siapa pemenang Pilgub. ”Apalagi, ditambah dengan sampling error 2%. Sehingga memang ada kemungkinan, pasangan Sohe bias unggul,” kata Setia Darma.



Berdasarkan pemantauan setidaknya ada tiga lembaga survei yang mengikuti Pilkada pemilihan Gubernur Sumsel periode 2008-2013. Yakni Puskaptis, Lingkaran Survey Indonesia-Jaringan Isu Public (LSI-JIP), dan Lembaga Survey Indonesia.



Pasangan Alex Noedin-Eddy Yusuf diusung oleh beberapa partai masing-masing Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBR dan PBB. Alex mengakui, hasil pastinya nanti menunggu penghitungan KPU yang akan diumumkan 14 September mendatang.



”Saya megucapkan terima kasih banyak kepada berbagai pihak yang membantu. Akan langsung mrerealisasikan janjinya untuk sekolah dan berobat gratis serta memasukkan anggaran untuk itu di awal tahun anggaran 2009. Setelah dilantik saya akan langsung tancap gas,” tegasnya.



Sementara Syahrial Oesman dan Helmy Yahya diusung oleh PDIP, PPP, PKS, dan 12 partai gurem. Juga mengklaim sebagai pemenang kalau mengacu hasil quick count. ”Namun, untuk pastinya memang harus menunggu penghitungan konvensional oleh KPU,” ujarnya kepada wartawan.



Apalagi, menurutnya, selisih penghitungan cepat beberapa lembaga survei selisihnya sangat kecil.



Sementara, PDIP yang juga memiliki data penghitungan sementara melalui para saksinya di berbagai TPS menyatakan bahwa sesungguhnya, pasangan Sohe lebih unggul dibanding pasangan Aldy.



”Kita tunggu hasil penghitungan real yang diumumkan KPUD. Kami yakin pasangan yang kami dukung, menang dalam Pilgub kali ini. Meski hanya menang tipis,” tegas Ketua PDIP Sumsel Eddy Santanaputra, Kamis malam.



Dijelaskannya, dari real count yang dilakukan 35.000 saksi dan kolektor PDIP se-Sumsel dari 2.710.476 suara yang masuk pasangan Aldy meraih 48,09 persen sementara pasangan Sohe 51,91 persen. Dengan hasil ini, menurut Walikota Palembang ini, belum ada yang bisa mengklaim memang. Termasuk bila mengacu pada hasil quick count karena ada sampling error yang harus diperhitungkan.



TPS Sendiri



Menariknya, di TPS 03 Talangsemut, Bukit Kecil, tempat Cagub Alex Noerdin memberikan suaranya ternyata mantan Bupati Muba ini kalah. Dari 476 matapilih, hanya 286 yang mencoblos dengan hasil 166 untuk Sohe dan 116 untuk Aldy dan 4 suara rusak. Sementara di TPS 18 Jalan Seduduk Putih tempat Syahrial mencoblos, dari 497 mata pilih hanya 318 yang memberikan suara. Hasilnya, 265 suara untuk Sohe dan hanya 50 suara untuk Aldy.



Ucapan Selamat





Pemantauan di masing-masing rumah pribadi Alex Noerdin dan Syahrial, hingga Jumat pagi (5/9) bertaburan karangan bunga ucapan selamat atas kemenangannya berdasarkan quick count. Di rumah Syahrial di Jalan Seduduk Putih maupun Rumah Alex di Jalan Merdeka, ucapan selamat menghiasi halaman rumah. Begitu juga iklan ucapan selamat di media lokal bagi keduanya.(sir)



Tidak ada komentar: