Sabtu, 06 September 2008

rayakan


Merayakan kemenangan Sohe dengan berpawai, start di Lapangan Parkir Sriwijaya.
Kemenangan Sohe dirayakan pendukungnya....
Polisi mengamankan

*Pilgub Sumsel

Masing-Masing Kubu Cagub Rayakan Kemenangan


Palembang:
Sehari pascapencoblosan, masing-masing pendukung kedua pasangan calon gubernur wakil gubernur Sumsel mengklaim sama-sama menang. Mereka pun lantas merayakan kemenangan tersebut dengan cara berbeda. Pendukung pasangan nomor urut 2 Syahrial Oesman- Helmi Yahya (Sohe) merayakan kemenangannya dengan menggelar pawai kendaraan bermotor keliling kota.

Sementara pendukung pasangan nomor urut 1 Alex Noerdin-Eddy Yusuf (Aldy) memilih menggelar buka puasa dan salat tarawih bersama di kediaman pribadi Alex Noerdin di Jalan Merdeka,Palembang. Ribuan massa yang terdiri atas simpatisan dan kader 10 parpol pendukung pasangan SOHE, seperti PDIP, PPP, PKS, PPNUI, PDK serta elemen pendukung sejumlah paguyuban masyarakat di Sumsel yang tergabung dalam Pelangi Nusantara Sriwijaya (PNS), Jumat sore (5/9) merayakan kemenangan Sohe dengan berkonvoi keliling Kota Palembang. Selain menggunakan kendaraan roda dua, rombongan massa juga membawa mobil pribadi,bus kota dan angkutan umum serta tak ketinggalan puluhan becak.

Koordinator lapangan (Korlap) pawai perayaan kemenangan pasangan Sohe Kgs Syamsul Wijaya mengatakan, pawai yang disebutnya sebagai karnaval kemenangan ini melalui rute Jalan Demang Lebar Daun menuju simpang Polda, berbelok ke Jalan Jenderal Sudirman, menuju ke arah Jalan Gubernur HA Bastari, dan kembali ke Jalan Basuki Rahmat, kemudian menuju kediaman Syahrial Oesman di Jalan Seduduk Putih,Palembang.

”Ini merupakan luapan kegembiraan kami atas kemenangan pasangan SOHE. Karnaval ini digelar damai tanpa tindakan anarkistis,” ujar Syamsul saat memobilisasi massa sebelum konvoi dimulai di lapangan parkir Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang.

Pihaknya merencanakan menggelar arak-arakan serupa selama dua hari. Mengenai hasil perhitungan cepat dari dua lembaga,yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI), Lingkaran Survei Indonesia (LSI)-Jaringan Isu Publik (JIP) yang menyatakan keunggulan sementara pasangan ALDY atas SOHE disikapi acuh kelompok pendukung Sohe ini. ”Karnaval ini juga belum diketahui Pak Syahrial. Ini bentuk surprise kami kepada beliau. Rencananya, kami sekaligus berbuka puasa bersama di sana,”tuturnya.

Saat pawai berlangsung, aparat kepolisian tampak bekerja keras mengupayakan tidak terjadi chaos antarpendukung pasangan SOHE dan Aldy, yang sama-sama mengklaim kemenangan. Mengantisipasi hal itu, petugas dari Pengendalian Massa (Dalmas) Poltabes Palembang dan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumsel dikerahkan menghalau massa pendukung Sohe agar tak melalui ruas Jalan Merdeka. Sementara itu, dari pantauan kediaman pribadi Syahrial Oesman,tak tampak aktivitas perayaan kemenangan yang berlebihan. Terlihat puluhan karangan bunga ucapan selamat yang rata-rata berasal dari pimpinan parpol tingkat provinsi pendukung pasangan ini,seperti PDIP,PPP,PKS PDK, PPNUI, PNI Marhaenisme, Partai Merdeka, PPD.Ada juga dari sejumlah elemen paguyuban kedaerahan pendukung Sohe, seperti PMPB, IKA Pasundan, Bamukoi, Ikatan Keluarga Krama Bali (IKKB).

Di kediaman calon gubernur (cagub) Alex Noerdin juga tampak sejumlah karangan bunga ucapan selamat, walaupun tak sebanyak di kediaman Syahrial Oesman. Ucapan selamat atas kemenangan pasangan Aldy pada Pilgub Sumsel 4 September kemarin, datang dari sejumlah elemen tim sukses dan pendukung kampanye pasangan ini, seperti Rizal Malarangeng, Team Hardwork Pentagon, Keluarga Besar CNI,Aliansi Guru Bersatu (AGB) Palembang, Metro Tenda,Tegas Production, Affandi Udji. Sore kemarin, tampak sejumlah karyawan perusahaan catering sibuk mempersiapkan sajian berbuka puasa yang digelar prasmanan di sarana pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik Alex Noerdin yang terletak tepat di sebelah kediaman pribadinya. Ketua tim kampanye pasangan Aldy Junial Komar mengatakan, pihaknya seperti biasa selama bulan Ramadan, di kediaman pribadi Alex Noerdin menggelar buka puasa dan salat tarawih bersama.

Imbauan Gubernur

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Mahyuddin NS mengimbau masyarakat Sumsel tetap tenang dan tidak mengambil kesimpulan terhadap hasil quick count.
Menurut Gubernur, hasil penghitungan pemilihan gubernur (pilgub) Sumsel yang sah akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumsel pada Minggu (14/9).

”Quick count itu hanya petunjuk awal. Hasil akhir tetap berada pada KPUD dan itu sesuai petunjuk undang-undang,”ujar gubernur sebelum memimpin rapat di ruang rapat Bina Praja Provinsi Sumsel kemarin. Mahyuddin mengatakan, penghitungan cepat merupakan petunjuk awal yang lebih tepat disebutkan sebagai prediksi awal. Karena itu, sangat tidak tepat mengambil kesimpulan terhadap hasil yang telah ada saat ini. ”Sah-sah saja ada quick count. Namun, jangan dijadikan patokan,nanti kami tunggu prosesnya berjalan,”ujarnya. Dia mengaku,imbauan selalu dikeluarkan kepada semua pihak menjaga situasi keamanan tetap kondusif Sejak awal pilgub dimulai, imbauan terus dikeluarkan hingga pelantikan gubernur terpilih nanti. (sir)

Tidak ada komentar: