Minggu, 22 April 2012

118.000 Pelajar SMP Ikut UN


118.000 Pelajar SMP Ikut UN

Palembang, Sinar Harapan

Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs sederajat, hari ini digelar serentak dan diikuti sekitar 118.000 peserta di Provinsi Sumsel. Beredarnya isu bocoran kunci jawaban, siswa diminta tidak percaya karena itu dinilai menyesatkan.

 Ketua UN Sumsel Bonny Syafrian, mengemukakan,  bocoran kunci jawaban sulit terjadi. Untuk mengantisipasi kebocoran, panitia telah menyiapkan lima paket soal yang berbeda.
Sehingga, jika siswa percaya dengan adanya dugaan bocoran kunci jawaban justru akan berakibat fatal pada hasil akhir. Apalagi, dalam setiap ruang kelas ujian, hanya terdapat empat siswa yang memiliki soal dengan kode yang sama. “Itu menyesatkan dan tidak ada yang bisa bertanggung jawab. Kalau seandainya salah paket, itu fatal.Percaya saja dengan diri sendiri. Nilai 5,5 itu tidak terlalu tinggi kok,”ujarnya, Minggu (22/4).
Bonny menyatakan,pelaksanaan UN tidak seharusnya didramatisir sehingga membuat para siswa menjadi gelisah, apalagi sampai mempercayai dugaan kunci jawaban yang beredar. Siswa, kata dia, sebaiknya percaya saja dengan kemampuan yang sudah didapatnya selama tiga tahun menjalani pendidikan.

Sampai kemarin,jelas dia, persiapan distribusi soal sudah rampung dilakukan pihaknya.  Sebanyak 2.543 koli soal sudah didistribusikan ke 14 kabupaten/ kota,termasuk untuk Kota Palembang. “Persiapan sudah 90%, sisanya tinggal pendistribusiansoalpadahariH. Semuanya sudah siap,mudah-mudahan lancar,”harapnya.
Padaharipertamaini,peserta ujian akan menjalani UN mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sama  seperti UN SMA,ujian ini juga akan digelar selama empat hari berturut-turut, hingga 27 April mendatang. Sementara untuk UN susulannya baru akan digelar Senin depan,30 April. Belajar dari UN SMA, dia berharap, penyelenggaraan UN kali ini lebih lancar dan tidak ada kekurangan soal atau LJK. Dengan begitu, peserta dapat lebih berkonsentrasi menjalankan ujian dengan waktu yang telah disediakan.
Susulan UN SMA
Selain UN SMP, hari ini juga akan digelar UN susulan untuk tingkat SMA. UN susulan itu rencananya akan digelar di SMA Negeri 1 Palembang. “Berapa jumlahnya (jumlah siswa SMA yang ikut UN susulan), itu kabupaten yang tahu.Belum ada laporan ke kita soalnya,”urainya. Di tempat terpisah, Kasi Pengembangan Kurikulum Bidang SMA/sederajat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang Nur Syamsu mengatakan, untuk di Kota Palembang,ada lima siswa dari berbagai sekolah swasta dan negeri yang dipastikan akan mengkuti UN susulan tingkat SMA sederajat.  (sir)

Tidak ada komentar: