Selasa, 09 Desember 2008

Open House di Rutan

Open House di LP Dipadati Keluarga Napi

Palembang:


Open house Idul Adha di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Merdeka dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Pakjo, Palembang, Senin (8-9/12) membludak.


Pada hari pertama kemarin, tercatat tidak kurang 1.000 orang yang datang berkunjung. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IA Merdeka Bistok Situngkir mengatakan, pengunjung datang secara berkelompok. Agar tertib, pengelola rutan memberi nomor antrean serta menyiapkan tenda besar di halaman rutan sebagai tempat pertemuan. “Kunjungan rutan biasanya akan terjadi dari pagi sampai sore sehingga untuk kenyamanan pengunjung disiapkan tenda dan tikar,” ungkapnya kemarin.

Untuk memberi kesempatan kepada semua keluarga tahanan dan napi bersilaturahmi pada Idhul Adha, Rutan Merdeka membuka open house dalam dua sesi, yakni pada pukul 09.00 WIB–12.00 WIB dan pukul 13.00 WIB–15.00 WIB.

”Saat open house, pengunjung boleh membawa keluarga. Namun, khusus laki-laki diwajibkan memperlihatkan identitas KTP dan dicap tangannya,” ujarnya seraya menambahkan, pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi tertukarnya tahanan atau napi denganpengunjungyangbanyak.

“Tahanan dan napi di Rutan Merdeka mencapai 925 orang dari kapasitas 449 orang sehingga perlu kehati-hatian dalam penanganannya. Apalagi,jumlah penjaga terbatas hanya sekitar 63 orang yang masih dibagi lagi dalam shift,”ungkapnya. Sementara itu, suasana yang tidak jauh berbeda terlihat di LP Pakjo,Palembang. Sekitar 1.000-an pengunjung datang menemui keluarganya.

Menurut Staf Kesatuan Pengamanan LP Pakjo Royhan Al Faisal, untuk menampung banyaknya pengunjung, LP menyiapkan 16 unit tenda di halaman LP. “Di sini pengunjung dan napi boleh berbicara sepuasnya selama waktu open house,”ujarnya.
Pemantauan, tampak para napi bercengkerama dengan keluarganya. Saat lebaran, memang momen yang dapat digunakan dan sedikit bebas bertemu. (sir)

Tidak ada komentar: