Selasa, 09 Desember 2008

Palembang-Penang

Palembang-Penang Sister City

Palembang:

Pemkot Palembang menjajaki kerja sama kota kembar (sister city) dengan Kota Penang,Malaysia,khususnya di bidang ekonomi,pariwisata,budaya,dan teknologi.


Wakil Wali Kota Palembang H Romi Herton Selasa (9/12) mengungkapkan, pihaknya telah melakukan studi dan konsultasi ke Penang,Malaysia, pekan lalu. Hasilnya, akan dibahas kemungkinan untuk melakukan kerja sama saling menguntungkan di segala bidang. “Termasuk,komitmen untuk dapat membuka kantor perwakilan di sana. Dengan begitu,masyarakat di Penang bisa mendapatkan informasi tentang Palembang,”ungkap Romi.

Menurut dia, pengembangan sister city dengan Kota Penang, Malaysia, ternyata telah dilakukan Kota Medan, Sumatera Utara, sejak 15 tahun lalu.Kerja sama itu menghasilkan dampak positif bagi pembangunan kota,termasuk menjalin kerja sama di bidang pariwisata dan ekonomi.

Bentuk kerja sama tersebut, seperti pertukaran delegasi dan informasi kependidikan serta budaya.Untuk memperdalam studi, rencananya pada Maret 2009,pemkot akan mengirimkan tim budaya, sekaligus menjajaki kemungkinan kerja sama dengan para pengusaha di sana.

“Kunjungan dilakukan dengan menggelar pergelaran budaya,seperti menggelar tari-tarian dan pameran songket,” papar Romi. Selain itu, dengan melakukan sejumlah kegiatan, seperti pertukaran staf pemkot bidang iptek, pengiriman delegasi pelajar bidang pendidikan, serta festival tari di bidang kesenian dan kebudayaan. Kerja sama ini juga akan mewadahi kunjungan pelajar, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam kunjungan kemarin, menurut Romi, ada pengusaha Penang yang berminat menanamkan saham di Palembang, seperti pembangunan rumah sakit dan hotel. Hal ini sesuai keinginan Pemkot Palembang untuk menambah satu lagi rumah sakit di Kecamatan Sako,Kenten. (sir)

Tidak ada komentar: