Selasa, 24 Februari 2009

Bank Sumsel Peduli UKM

Bank Sumsel Kucurkan Rp 20 M untuk UMKM

Palembang:

Bank Sumsel berkomitmen tanggulangi kemiskinian di Sumsel melalui kucuran kredit bagi UMKN sebesar Rp 20 milyar.

Ini merupakan terobosan pertama di Sumsel untuk tahun 2009. Bank plat merah ini menggandeng Pemkab Muaraenim dan BRI, Jamkrindo srta Askrindo sebagai penjamin kredit.


Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama dan perjanjian kerja sama dilakukan di Palembang Selasa (24/2). Di Sumsel, kerja sama ini memang merupakan terobosan pertama penanggulangan kemiskinan di wilayah kabupaten.

Direktur Utama Bank Sumsel Asfan Fikri Sanaf mengemukakan, untuk sektor yang dibiayai, disesuaikan dengan arahan pemda setempat karena mereka yang paham. Dananya akan dikucurkan mulai tahun anggaran ini. ”Kalau sudah ditetapkan nanti bisa dicairkan, besarannya Rp20 miliar,” ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Muaraenim A Nadjib menjelaskan, sejak 2001–2006, penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berhasil dilakukan Bank Sumsel dan BRI mencapai Rp31 miliar.

Karenanya, usulan yang masuk untuk kredit UMKM 2009 meningkat mencapai Rp58,7 miliar. Permintaan sebagian besar didominasi sektor perkebunan mencapai Rp45 miliar lebih dengan luas lahan sebesar 1.750 ha.

Sejauh ini dana kredit tersebut digunakan untuk penguatan modal petani, kemitraan, pendampingan, pengawasan, dan evaluasi. Ini dilakukan untuk meningkatkan potensi perkembangan masyarakat, sekaligus penguatan daya masyarakat berupa kelemahan modal. Melalui pengembangan program Gerbang Serasan (GS), Kabupaten Muaraenim berharap tingkat kemiskinan masyarakat dapat diminimalisasi. (sir)

Tidak ada komentar: