Rabu, 11 Februari 2009

Telkomsel satu dekade brand terbaik





Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (tengah) menerima penghargaan Top Brand Award 2009 dari Chief Editor Majalah Marketing P.J. Rahmat Susanta (kiri) dan Chairman Frontier Consulting Group Handi Irawan (kanan), 10/2. Telkomsel berhasil meraih penghargaan Top Brand Award selama 10 tahun berturut-turut untuk kedua produk simcard-nya, yakni kartuHALO (paskabayar) dan simPATI (prabayar), di mana Telkomsel kini dipercaya melayani lebih dari 66 juta pelanggan atau lebih dari separuh pengguna ponsel di Indonesia.


Telkomsel, Satu Dekade “The Best Brand”



Jakarta:


Telkomsel kembali mendapat pengakuan sebagai yang terbaik dari ajang bergengsi Top Brand Award 2009 untuk kedua produk SIM Card-nya, yakni simPATI (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar) sebagai kartu pilihan utama selama sepuluh tahun berturut-turut (2000-2009) sejak award ini diadakan. Keberhasilan mempertahankan predikat ini membuat Telkomsel berhak memperoleh predikat “Top of The Top” dalam merek-merek terbaik.

Penghargaan Top Brand 2009 didasarkan dari hasil survei lembaga survei independen Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing terhadap merek-merek pilihan masyarakat dengan 3 parameter, yakni: mind share, market share, dan commitment share. Berdasarkan parameter tersebut diperoleh indikator kekuatan merek yang disebut TBI (Top Brand Index).

Survei Top Brand 2009 dilakukan setiap tahun terhadap 3.000 responden yang tersebar di 6 kota besar Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar) yang melibatkan responden dari berbagai usia (15-65 tahun) dan lapisan masyarakat dari tingkat sosial ekonomi A hingga E.

Produk-produk Telkomsel memperoleh TBI tertinggi, unggul lebih dari dua kali lipat dari indeks produk sejenis yang beredar di pasar. Untuk kategori SIM Card Prabayar, nilai TBI simPATI 42,9% (disusul IM3 17,9% dan Mentari 15,8%). Sedangkan kategori SIM Card Paskabayar, nilai kartuHALO 63,6% (disusul Matrix 20,8% dan XPlor 14,5%).

Manager Corporate Communications Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, “Penghargaan Top Brand yang ke-10 tahun berturut-turut ini juga tercermin di pasar, dimana kepercayaan para pengguna ponsel terhadap kedua produk Telkomsel ini terus meningkat. Kartu simPATI telah digunakan oleh 45 juta pelanggan atau sekitar 45 persen pengguna prabayar, sedangkan KartuHALO digunakan oleh 65 persen pengguna paskabayar dengan jumlah pelanggan 2 juta.”

Disamping simPATI dan kartuHALO, Telkomsel juga memiliki produk parabayar Kartu As yang telah digunakan oleh 20 juta pelanggan, sehingga jumlah pelanggan Telkomsel saat ini mencapai 67 juta pelanggan. Di akhir tahun 2008 jumlah pelanggan Telkomsel 65,3 juta atau bertambah 17,5 juta pelanggan baru sepanjang tahun 2008.

“Dalam membangun kepercayaan pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat, kami terus berupaya memberikan yang terbaik dengan memenuhi 5 parameter pokok kebutuhan pengguna ponsel seperti jaringan yang luas, network berkualitas, inovasi produk, pelayanan pelanggan berstandar ISO, dan tarif yang semakin terjangkau dan murah,” tambah Suryo.

Suryo menambahkan bahwa penghargaan ini semakin melengkapi berbagai penghargaan yang telah diterima Telkomsel baik dari dalam negeri maupun Internasional. Di tingkat internasional, Telkomsel satu-satunya operator di Asia yang mampu mempertahankan gelar “Operator of The Year” selama 4 tahun berturut-turut di ajang Asia Mobile News Award Singapore.

Telkomsel juga tercatat meraih Diamond Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) selama 9 tahun berturut-turut, Platinum Indonesia Best Brand Award (IBBA) selama 6 tahun, Best Overall Operator Selular Award selama 4 tahun, dan Best Call Center selama 3 tahun.

“Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa apa yang dilakukan Telkomsel telah in-line dengan perkembangan seluler global. Sebagai service leader di Indonesia, kami akan terus berupaya memandu perkembangan industri selular Indonesia di tingkat global dan menjadikan Telkomsel sebagai the best mobile lifestyle provider in region Asia Pasifik,” papar Suryo.

Handi Irawan, Chairman Frontier Consulting Group sekaligus penggagas Top Brand Award, mengatakan, ”Merek yang top adalah merek yang sering menempati urutan teratas dalam benak konsumen, terkenal, dan paling mudah diingat. Dalam hal ini, brand image dan brand awareness yang kuat telah membuat simPATI dan kartuHALO menjadi merek ‘Top of The Top’ di mata konsumen dan juga pelanggannya.”

Tidak ada komentar: