Selasa, 17 Maret 2009

kampanye sepi

Kampanye Terbuka Sepi Massa

Palembang:

Partai Bulan Bintang (PBB),Partai Pemuda Indonesia (PPI),Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Kasih Damai Indonesia (PKDI) kemarin dijadwalkan berkampanye secara terbuka. Namun, massa yang dating terlihat sepi.


PBB berkampanye di lapangan Kamboja Palembang dengan juru kampanye (jurkam) nasional, Ketua Umum PPP MS Kaban dan Sekjen Sahar L Hasan. Meski dihadiri langsung Ketua Umum MS Kaban, massa yang berkumpul di depan panggung hanya sedikit. Sisanya cukup menonton dari tribun lapangan.

Kampanye dimulai sekitar pukul 11.00 WIB karena menunggu Kaban beserta rombongan tiba di lokasi. Meski PBB menghadirkan sejumlah artis jebolan KDI pun sejak awal hingga berakhirnya kampanye lapangan tetap tampak sepi.

MS Kaban mengakui sepinya massa lantaran waktu kampanye bertepatan dengan hari kerja.“Kampanye pengerahan massa itu kan memerlukan uang yang banyak.
Partai Bulan Bintang itu uangnya belum banyak,” kilah Kaban. Kampanye dengan pola pengerahan massa bukanlah jenis kampanye yang diprioritaskan PBB.Mereka lebih fokus pada kampanye berbentuk sosialisasi dan pendekatan langsung kepada masyarakat. “Kenapa harus kecewa. Ini hari kerja dan kampanye terbuka ini bukan prioritas Partai Bulan Bintang karena kita sudah melakukan itu (kampanye) sejak beberapa bulan lalu secara tertutup,”bebernya.

Ketua DPW PBB Sumsel Junial Komar menolak jika kampanye terbuka pertama yang digelar PBB kemarin sepi.“Kampanye hari ini sebenarnya bukan massanya yang sedikit, tapi lapangannya yang terlalu luas,” elak Junial. Dia bersikeras sedikitnya massa yang hadir dalam kampanye terbuka kemarin bukanlah gambaran riil perolehan suara PBB pada pemilu nanti.


Sedikit berbeda, PPI mengadakan pengasapan (fogging) gratis di Jalan Kemang Manis,Kelurahan Kemang Manis,Kecamatan Ilir Barat II,Palembang. Meski tidak membawa massa cukup besar, sekitar 10 caleg, dipimpin Ketua DPC PPI Palembang M Zaky Ridho, berkampanye sambil membagikan kartu nama.“Kami sengaja berkampanye dengan cara fogging gratis. Kampanye ini lebih efektif daripada kampanye akbar, khususnya di sini,” ujar Zaky. (sir)

Tidak ada komentar: