Jumat, 27 Maret 2009

surat suara terendam

Puluhan Ribu Surat Suara DPR RI, DPRD Sumsel, dan DPD Terendam Banjir


Palembang:

Banjir yang melanda kawasan Sako Palembang merendam surat suara yang disimpan di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sako. Akibatnya, sebanyak 48.468 lembar surat suara DPR RI, DPRD Sumsel, dan DPD menjadi rusak.

Ruangan penyimpanan surat suara kemasukan air setelah hujan deras mengguyur Kota Palembang Jumat (27/3) sore.

Hujan yang sangat deras mengakibatkan Sekretariat PPK Sako terendam air. Sebagian surat suara berhasil diselamatkan dan dibawa ke Balai Kelurahan Sako menggunakan truk. Namun, sebanyak 48.468 surat suara tidak berhasil diselamatkan.

Beberapa petugas yang mengetahui bila air telah memasuki ruangan penyimpanan kotak suara langsung berupaya menyelamatkan keberadaan surat suara yang akan digunakan pada Pemilu Legislatif 9 April mendatang. Surat suara yang selamat langsung dipindahkan menggunakan truk ke Balai Kelurahan.

Suat suara yang rusak yakni untuk DPR RI, DPRD Sumsel, dan DPD. Sedangkan, surat suara untuk DPRD Kota Palembang tidak basah karena berada di tumpukan kotak paling atas.

Ketua KPUD Kota Palembang Wastu Widya mengaku telah mendapatkan laporan mengenai surat suara yang terendam banjir di PPK Sako.

Pihaknya berjanji sesegera mungkin mengganti surat suara yang rusak tersebut, termasuk mengganti sekitar 800.000 lembar surat suara DPRD Kota Palembang yang keliru di dapil II,III,IV,dan V. “Kami sudah menerima laporan dan sebagian telah dibawa ke KPUD Kota Palembang untuk diperiksa, berapa jumlah surat suara yang selamat dan rusak,” jelasnya..

Sekretaris Camat Sako Thabrani mengatakan, luapan air di luar perkiraan mereka. Sebab, selama ini kantor kecamatan tidak pernah kebanjiran.

“Selama ini tidak pernah terjadi banjir,apalagi sampai naik ke kantor kelurahan. Mungkin ini terjadi akibat curah hujan disertai pasang yang sangat tinggi. Ini luar biasa dan belum pernah terjadi,”kata Thabrani. Menurut dia, surat suara yang rusak masih berada di Balai Kelurahan Sako,Palembang.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, petugas telah membawa sebagian surat suara yang diselamatkan ke Kantor KPU Palembang.“Kalau dilihat di sini, jelas air masuk ke kotak suara melalui sambungan empat sudut kotak suara,”kata dia. (sir)

Tidak ada komentar: