Senin, 02 Maret 2009

Pelanggan Telkomsel, Gratis Terima SMS di semua negara





Tarif baru: Seorang pelanggan Telkomsel sedang ber-SMS di Arab Saudi. Pelanggan Telkomsel kini semakin nyaman menggunakan kartunya di luar negeri dengan hadirnya skema tarif international roaming baru yang makin simpel dan transparan, seperti Gratis terima SMS, kirim SMS hanya USD 0.45 di semua negara serta sudah termasuk komponen biaya surcharge.







TIR, Pelanggan Telkomsel Gratis Terima SMS di Semua Negara

Palembang:

Pelanggan Telkomsel kian nyaman menggunakan kartunya saat berpergian keluar negeri dengan hadirnya skema tarif jelajah roaming (international roaming) baru yang lebih mudah, sederhana dan transparan. Selain itu, mereka juga menikmati fasilitas terima SMS gratis di semua negara.

GM Sales and Customer Service Telkomsel Regional Sumbagsel, mengatakan, “Skema tarif baru ini memberlakukan Gratis terima SMS, kirim SMS hanya USD 0.45 di semua negara, time unit untuk voice dan video call per 1 menit, time unit untuk akses data per 10 kb, serta sudah termasuk komponen surcharge. Dengan skema baru yang lebih transparan ini pelanggan bahkan dapat menghitung sendiri tagihan pemakaian roamingnya sehingga mampu meminimalisir biaya pemakaian yang tidak diketahui.”


Skema tarif yang berlaku mulai 1 Maret 2009 ini semakin memudahkan pelanggan untuk menentukan besarnya tarif pemakaian jelajah roaming sesuai anggaran komunikasinya. Telkomsel menyederhanakan tarif ini dengan membaginya menjadi 7 zona negara tanpa time band, memakai standar mata uang global yakni US Dollar, dan untuk penagihan ke pelanggan tetap dalam mata uang rupiah yang dikonversikan sesuai rate IMF ter-update.


Untuk kesederhanaan perhitungan tarif, Telkomsel menghilangkan skema time band yakni tarif berdasarkan waktu/pukul pemakaian pelanggan. Telkomsel membagi negara tujuan jelajah menjadi 7 zona yakni: Zona 1 (contoh: Brunei, Macau, Singapura, dan lain-lain), Zona 2 (Irak, Korea, Filiphina, dll), Zona 3 (Hongkong, Jepang, India, dll), Zona 4 (Australia, Kanada, Amerika Serikat, dll) Zona 5 (Jerman, Belanda, Inggris, dll), Zona 6 (Perancis, Denmark, Swiss, dll), dan Zona 7 (Bermuda, Arab Saudi, dan negara lain diluar Zona 1-6).

Tarif roaming panggilan dan terima berlaku tetap (fixed) sesuai dengan zona negara dan hanya terdiri dari tiga jenis yakni IDD ke Indonesia (panggilan ke nomor tujuan Indonesia +62), Lokal (panggilan ke nomor tujuan negara setempat) dan IDD ke Negara Lainnya (panggilan ke nomor selain nomor Indonesia dan negara setempat).

Sebagai contoh: Pelanggan A berada di Singapore melakukan panggilan ke Indonesia 57 detik. Tarif yang berlaku adalah USD 1.30/ menit (IDD ke Indonesia, Zona 1), maka dengan acuan rate konversi IMF (misal 1 USD=Rp. 10,753) perhitungan tarifnya menjadi 1x(USD1.30 x Rp 10.753)= Rp. 13.978,90. Contoh lainnya: Pelanggan B berada di Arab Saudi melakukan panggilan lokal selama 90 detik. Tarif yang berlaku adalah USD 1/ menit (Lokal, Zona 7), maka perhitungan tarifnya menjadi 2 x(USD 1 x Rp 10.753)= Rp. 21.506

Demikian juga halnya pemakaian akses data berlaku tetap (fixed) sesuai dengan zona negara. Contoh: Pelanggan C berada di Inggris menggunakan akses data (internet) sebesar 55 Kb. Tarif akses data USD 0.02/ kb (Zona 5) maka perhitungan tarifnya menjadi 60 Kb x (0.02 x Rp. 10.753) = Rp. 12.903,60

“Skema tarif baru ini tentunya semakin melengkapi kenyaman pelanggan saat menggunakan kartunya diluar negeri, selain tentunya luasnya jaringan yang memungkinkan pelanggan tetap terhubung dinegara manapun, dimana saat ini Telkomsel telah bekerjasama dengan 330 operator selular diberbagai belaha dunia,” ungkap Ketut.

“Langkah penyederhanaan tarif ini juga kembali menjadi wujud kepeloporan Telkomsel dalam hal jelajah roaming, setelah sebelumnya menjadi merupakan operator pertama yang menerapkan standar dunia NRTRDE (Near Real Time Roaming Data Exchange), sebuah sistem pengiriman informasi pemakaian roaming pelanggan untuk minimalisasi resiko fraud,” pungkas Ketut. (sir)

Tidak ada komentar: