Kamis, 30 Agustus 2012

Galungan Khusyuk Meski Diguyur Hujan




Palembang:

Meski diwarnai guyuran hujan, perayaan hari Galungan di Pura Agung Sriwijaya, Kawasan Seduduk Putih Rabu (29/8) tetap berlangsung khusyuk. 

Ratusan umat Hindu terlihat terus berdatangan sejak pagi hingga sore hari untuk bersembahyang.

Ditemui usai melakukan persembahyangan, Pemangku Pure Agung Sriwijaya IB Damiana mengatakan, moment sakral hari Galungan ini memang memiliki arti yang sangat penting bagi umat Hindu.Sebab perayaan Galungan yang diartikan sebagai perayaan kemenangan Darma terhadap darma atau kebaikan dengan kejahatan sangat pas menjadi moment bagi umat untuk memperbaiki diri. Termasuk misalnya mengendalikan hawa nafsu manusiawi.

“Perayaan kemenangan ini seharusnya menjadi moment bagi umat untuk memperbaiki diri dan perilaku yang belum sempurna selama ini.Misalnya melawan hawa nafsu, kesombongan, keraksasaan diri, iri hati dan dengki serta mengagungkan kekayaan,” jelas dia. 

Sehingga setelah perayaan ini selesai dilakukan,
umat dapat menjalani kehidupan yang lebih baik lagi sehari-hari dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Dengan sikap yang lebih rendah diri, tidak sombong dan mampu mengendalikan hawa nafsu, umat diharapkan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. “Dengan hari Galungan ini kita harap semoga Darma selalu dapat dijadikan landasan untuk memperoleh Artha dan Kama serta mencapai moksa,” ujar Damiana. (sir)

Tidak ada komentar: