Jumat, 24 Agustus 2012

Sabtu puncak arus balik

Puncak Balik Darat dan Sungai Hari Ini


Palembang,

Puncak arus balik Lebaran baik melalui moda darat maupun sungai tahun ini diperkirakan terjadi hari ini. Soalnya aktivitas sekolah dan beberapa perusahaan swasta sudah kembali normal pada Senin (27/8).

Kepala Pelabuhan 35 Ilir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Ansyori melalui petugas operasional Samir Hasan mengungkapkan sejak Jumat (26/8) tercatat 300–400 penumpang, 40 unit mobil pribadi, dan 80 unit motor menyeberang yang terbagi dalam lima armada yaitu Kakap, Kayong Utara, Jembatan Musi II, Mulia Nusantara, dan Kerapuh.

“Kendaraan masih didominasi sepeda motor. Diprediksi puncak arus balik Lebaran tahun ini terjadi pada Sabtu. Karenanya dipersiapkan lebih banyak tiket dari hari biasanya yakni 600-700 tiket dari 400 tiket. Untuk harga tiket masih normal yakni Rp127.000 untuk motor, Rp840.000 untuk mobil kapasitas lima penumpang dan tiket penumpang sebesar Rp47.000. Jam keberangkatan mulai pukul 09.00 WIB,12.00 WIB,15.00 WIB, 18.00 WIB, hingga 20.00 WIB,”papar Samir kemarin.

“Antisipasi lonjakan penumpang tahun ini telah disiapkan jauh hari sebelumnya. Untuk tahun ini kami menambah satu kapal angkutan baru,”ujarnya.

Arus balik di Stasiun Kertapati Palembang juga terlihat padat. Antrean di loket terlihat sejak pukul 06.30 WIB untuk tujuan Lampung dan Lubuklinggau.

Pihak PT KAI menyiapkan tiket 650 tempat duduk untuk KA Ekspres Rajabasa tujuan Lampung dan KA Serelo tujuan Lubuklinggau sebanyak 500 tempat duduk.
“Tiket ini sudah ditambah 20 persen dari hri biasa,” ujar Humas PT KAI Sumsel Jaka Jarkasih, Sabtu pagi.

Pihak PT KAI juga menerapkan sistem boarding pass layaknya di Bandara. Sehingga calon penumpang yang tak sama identitasnya dengan yang tertulis di tiket tak dilayani.

Sementara arus balik sepanjang jalan lintas timur (Jalintim) Kabupaten Ogan Ilir (OI), kemarin dipadati mulai kendaraan roda empat maupun dua. Kadishub OI, Mustarsyah mengakui telah terjadi lonjakan volume kendaraan khususnya mobil pribadi. Dia memprediksi hari ini Jalintim OI akan ramai arus balik terutama malam hari.

Untuk mengantisipasi kemacetan, pihaknya menempatkan beberapa personel untuk berjaga dan mengatur lalu lintas seperti di Pasar Inderalaya dan Palembang Inderalaya Km 27.“Kami bersama dengan Polres OI dibantu pramuka dan Dinkes berada di dua pospam. Alhamdulillah arus mudik dan balik saat ini aman terkendali,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Ogan Ilir,AKP Wawan Andi Susanto memprediksi arus balik terjadi Sabtu dan Minggu. “Dari awal kami sudah prediksi keramaian akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu. Karena hari Senin semua sudah beraktivitas seperti biasa termasuk pelajar. Biasanya pada malam hari tersebut ramai kendaraan arus balik,”ujarnya kemarin.

Kadishub OKU Timur Mulyanto, juga memperkirakan puncak arus balik akan terjadi hari ini, Sabtu (25/8). “Meski padat,arus kendaraan lalu lintas di Jalinteng tetap lancar. Kami sudah menempatkan petugas pada beberapa titik yang dinilai rawan kemacetan.(sir)

Tidak ada komentar: