Rabu, 01 Agustus 2012

Wagub buka pelatihan Paskibraka 2012





Tetap semangat dan disiplin meski puasa

Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 2012 kemarin resmi dibuka. Pembukaan pelatihan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H Eddy Yusuf di Asrama Haji jalan Kolonel H Burlian Km 10 Palembang.

Adapun yang hadir dalam pembukaan pelatihan paskibaraka provinsi sumsel 2012, kepala dinas pemuda olahraga (dispora) provinsi sumsel, h syaidina ali beserta staf jajaran, para instruktur, pelatih dan narasumber serta para paskibaraka provinsi sumsel 2012.

Dalam sambutannya Eddy mengatakan, pelatihan anggota paskibraka provinsi sumsel 2012 dan 2011 merupakan anggota paskibraka yang unggulan. Hal ini dikarenakan pada saat menjalani pelatihan paskibraka bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriyah (H). “Saya bangga dengan anggota Paskibraka tahun ini dan tahun yang lalu, karena mereka latihan di bulan puasa,” katanya.

Sambungnya, para anggota paskibraka provinsi sumsel yang telah terpilih harus bangga karena tidak semua orang bisa menjadi anggota paskibraka Provinsi Sumsel. “50 anggota paskibraka yang merupakan perwakilan dari 15 kabupaten/kota se sumsel dan juga telah lulus seleksi untuk menjadi anggota paskibraka provinsi Sumsel ini harus bangga kerena sudah menorehkan prestasi dengan menjadi salah satu bagian sejarah yaitu mengibarkan bendera merah putih pada 17 agustus 2012 nanti yang akan dilaksanakan di griya agung,” jelas Eddy.

Eddy mengungkapkan, meskipun pada saat ini para anggota paskibraka menjalankan ibadah puasa, pihaknya berharap agar para anggota paskibaraka tetap bersemangat dalam menjalankan pelatihan. “Selama dua minggu pelatihan saya minta agar para anggota paskibraka provinsi sumsel 2012 dapat menjalankan dengan ikhlas, disiplin, sabar, bersemangat dan tidak boleh berkeluh kesah karena sedang menjalankan puasa dan sebaliknya juga dengan para instruktur dan pelatih,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya juga meminta agar ke 50 anggota paskibraka yang terpilih menjadi paskibraka provinsi sumsel 2012 ini dapat membuktikan bahwa memang yang terbaik. “paskibraka provinsi 2012 ini harus lebih lebih baik dari paskibraka yang sebelumnya, jadi tunjukkanlah kalau kalian memang orang-orang pilihan yang mewakili daerah kalian,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dispora Provinsi Sumsel, H Syaidina Ali yang juga menjabat sebagai ketua panitia pelatihan paskibraka provinsi sumsel 2012 menjelaskan, pada 2012 ini jumlah personil paskibraka provinsi sumsel 50 orang yang berasal dari 15 kabupaten/kota se provinsi sumsel. “Personil paskibraka provinsi sumsel ini diambil dari utusan atau perwakilan paskibraka dari 15 kabupaten/kota yang mengirimkan 6 orang untuk mengikuti seleksi. Dari 90 perwakilan tersebut kita hanya mengambil 50 orang dengan rincian kabupaten muba, oki, oku, oi, okus, kota palembang, lahat masing-masing 4 orang. Sedangkan untuk kabupaten banyuasin, muara enim, okut, mura, kota pagaralam, prabumulih masing-masing 3 orang. Dan sisanya lagi yaitu untuk lubuklinggau dan empat lawang masing-masing 2 orang,” jelasnya.

Dikatakannya, pelatihan Paskibraka Provinsi Sumsel 2012 ini dimulai sejak 1-18 Agustus 2012, sedangkan untuk lokasinya di asrama haji dan juga di griya agung palembang. “Nah dalam pelatihan ini kita juga tidak hanya mengajarkan baris-berbaris saja tapi juga mengajarkan teori maupun dengan cara pratek dalam pengibaran bendera, ceramah dan pembinaan mental meliputi, wawasan kebangsaan dan NKRI, managemen organisasi, menanamkan dan membangun jiwa nasionalisme bagi pemuda, kebijakan pengembangan pemuda serta upaya pencegahan korupsi di kalangan pemuda,” kata syaidina.

Lanjut syaidina, setelah melakukan pelatihan dan juga memberikan materi, pihaknya juga akan  menerapkan beberapa evaluasi kepada para peserta Paskibraka. Pertama, evaluasi hasil latihan (Koqnitif), evaluasi sikap/tingkah laku peserta (Psikomototik),evaluasi kerja kelompk (efektif), evaluasi terhadap pelatihan dan fasilitator, terakhir evaluasi pelaksanaan tugas pengibaran benfera merah putih yang dilaksanakan oleh Paskibraka. “para pelatih dan instruktur paskibraka provinsi sumsel 2012 ini merupakan orang pilihan di tempat mereka bekerja seperti di kepolisian dan TNI,” ujarnya. 

Tidak ada komentar: