Rabu, 22 Agustus 2012

KA Tak Layani Penumpang Tanpa Tempat Duduk


KA Tak Layani Penumpang Tanpa Tempat Duduk

Palembang:


Kepala Humas PT KAI Divre III Sumsel Jaka Jarkasih, mengungkapkan  untuk angkutan mudik lebaran tahun ini pihaknya memberlakukan ketentuan jumlah penumpang tidak boleh melebihi dari kapasitas tempat duduk.

Untuk keberangkatan Rabu (22/8) disediakan 650 tempat duduk baik untuk kereta api Ekspres Rajabasa jurusan Lampung maupun Serelo tujuan Lubuklinggau. Rinciannya, terdiri dari lima gerbong ekonomi dan  satu gerbong AC. Kapasitas ini sudah ditambah sekitar 10-20 persen dari kapasitas biasanya.

Pemantauan di Stasiun Kertapati Palembang, calon penumpang sudah memadati stasiun sejak pukul 06.00 WIB. Namun mereka tidak membeli tiket melainkan hanya menukar struk tempat duduk yang sebelumnya sudah didapat.

Itupun harus sesuai dengan identitas penumpang yang ditunjukkan seperti KTP atau SIM. Terlihat beberapa calon penumpang terpaksa tak bisa masuk ke peron dan batal berangkat karena identitas di tiket tidak sama dengan KTP yang dimilikinya.

Dengan menerapkan  metode ini, calon penumpang yang tak kebagian tiket terpaksa
menggunak  sarana angkutan moda lain. Tampak calon penumpang yang tak terangkut mencoba mencari alternatif lain. Oleh pihak PT KAI disarankan menggunakan travel ataupun bus yang memang sudah disiapkan di stasiun.

Pihak perusahaan jasa angkutan kereta api tahun ini  memberlakukan tiket sudah bisa dipesan 90 hari sebeum keberangkatan, sehingga cara demikian cukup efektif karena tidak terjadi lagi antrean panjang di muka loket karcis.

Mengenai kondisi penumpang yang melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan jasa layanan kereta api, hingga Rabu (22/8) total penumpang sebanyak 14.50 orang.(sir)

Tidak ada komentar: